Bangun Negeri

Presiden Dorong Hilirisasi Industri Dalam Negeri

×

Presiden Dorong Hilirisasi Industri Dalam Negeri

Sebarkan artikel ini

Pemerintah Indonesia mendukung penghentian ekspor nikel dalam bentuk mentah dan mendorong hilirisasi industri dalam negeri. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat meresmikan smelter nikel di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin (27/12/2021), siang.

“Sekali lagi, saya mendukung penghentian ekspor nikel dalam bentuk mentah, dan mendorong hilirisasi industri di dalam negeri,”tegas Jokowi.

Program hilirisasi industri yang diinisiasi Kementerian Perindustrian sejak tahun 2010 dimaksudkan untuk mendapatkan nilai tambah produk bahan mentah, memperkuat struktur industri  menyediakan lapangan kerja, dan memberi peluang usaha di Indonesia.

Jokowi meresmikan smelter nikel milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) yang terletak di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah hari ini. Smelter ini berkapasitas produksi 1,8 juta ton per tahun.

“Saya sangat mengapresiasi pembangunan smelter oleh GNI, yang akan memberikan nilai tambah yang tidak sedikit dari bijih nikel yang diolah menjadi feronikel. Nilai tambahnya bisa meningkat 14 kali. Jika bijih nikel diolah menjadi billet stainless steel, nilai tambahnya akan lebih tinggi lagi: 19 kali lipat. Sebuah nilai yang tidak sedikit,”ungkap Jokowi. SK

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!