Bangun Negeri

Bupati Buka MTQ Ke-8 di Lalolae

×

Bupati Buka MTQ Ke-8 di Lalolae

Sebarkan artikel ini

KOLTIM, suarakendari.com-Bupati Koltim Abd Azis SH MH, resmi membuka Musabbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-8 tingkat Kabupaten Koltim Tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Lalolae Kecamatan Lalolae, Senin (22/4/2024), MTQ kali ini mengangkat tema: Kita Perkokoh Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat ‘Gemas’ Menuju Kolaka Timur yang Religius dan Masyarakat Madani. Hadir pada pembukaan ini, antara lain aKetua TP. PKK Koltim Hartini Azis AMa, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, Ketua KPU Koltim Anhar Ssos MSi, Wakil Ketua DPRD Koltim Sukur Adam, Kepala Kemenag Koltim H Muhammad Kadir Azis SAg MEI, Ketua DWP Koltim Murdiana Iqbal SKM MM, unsur TNI/Polri dan pimpinan OPD serta tokoh-tokoh agama dan masyarakat, serta ribuan masyarakat dan peserta dari seluruh kecamatan.

Sejumlah acara hiburan ditampilkan dalam pembukaan ini seperti aksi pencak silat Perguruan Tapak Suci Pondok Pesantren Al-Bukhari Wesalo.

Dalam sambutannya, bupati menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang harmonis dan produktif. Dengan semangat ‘Gemas’ yang menginspirasi, mari bersama-sama bergerak untuk membangun Kolaka Timur yang sejahtera dan bermartabat.

Melalui MTQ ini kata dia, bisamendapatkan mendorong segenap masyarakat Islam Koltim senantiasa mencintai Al-quran, berusaha memahami menghayati dan mengamalkan kandungannya sehingga terbentuklah karakter umat Islam yang sesuai dengan nilai nilai al-quran yang insan berkualitas dan handal serta berdaya saing.

”MTQ yang kita selenggarakan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menuju MTQ tingkat Provinsi Sultra oleh karena itu saya sampaikan kepada para peserta agar bersungguh sungguh dan terus berlatih sehingga apa yang di harapkan dapat tercapai untuk mengharumkan nama baik daerah kabupaten Kolaka Timur. Baik itu tingkat provinsi maupun tingkat nasional untuk mewujudkan hal tersebut yang perlu ditingkatkan saling mendorong, menguatkan, dan mendoakan, sehingga apa yang menjadi harapan menjadi cita cita kita untuk menjadi pemenang baik itu tingkat provinsi maupun tingkat nasional insyaallah akan terwujud. Pada tahun 2023 Kafilah STQ Kabupaten Kolaka Timur, meraih prestasi yakni masuk dalam posisi 6 besar, tentu prestasi yang telah di ukir ini, harus kita pertahankan dan bahkan kita harus tingkat kan menjadi juara umum di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara 2024 nanti,” bebernya.

Sedang Kepala Kemenag Koltim dalam sambutannya, menyampaikan komitmen untuk membangun kolaborasi yang erat antara pemerintah dan masyarakat, dalam mewujudkan visi Koltim yang religius dan madani.

“Pelaksanaan MTQ ke-8 ini, pada dasarnya sudah masuk kategori menghasilkan kader-kader yang terbaik bukan lagi kategori kita mau lagi mencari bibit bibit kadernya, sebuah kegiatan rutinitas yang mungkin di laksanakan oleh pemerintah mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat pusat di Jakarta, kegiatan rutin ini di laksanakan setiap tahun tersebut dalam kompetisi nya di laksanakan setiap 2 tahun sekali di seiringi dengan STQ namun demikian di beberapa tempat STQ tetap di laksanakan dalam bentuk MTQ. MTQ bukan semua kegiatan yang hanya sekedar menggugurkan kewajiban, tetapi harapan kita setiap tahun ada perkembangan yang dapat kita lihat,” jelasnya.

Disebutkannya, seluruh cabang lomba yang akan di laksanakan pada MTQ kali ini, terdapat 9 kategori dan 48 golongan. (Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *