Pariwisata

Potensi Laut Konsel Cocok untuk Wisata Mancing

×

Potensi Laut Konsel Cocok untuk Wisata Mancing

Sebarkan artikel ini

Konsel, Suarakendari.com-  Memiliki perairan laut yang luas kurang lebih 400 KM menjadikan Kabupaten Konawe Selatan kaya akan potensi perikanan laut dan  pariwisata bahari. Apalagi saat ini potensi tersebut telah ditopang dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di sektor kelautan dan perikanan oleh pemerintah daerah setempat.

 

Berkaitan dengan potensi laut, saat ini 9 dari 25 kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan memiliki spot perikanan yang lumayan besar. Diantara kecamatan yang merupakan wilayah pesisir (minapolitan) yakni Tinanggea, Laeya, Lainea, Palangga Selatan, Laonti, Moramo dan Moramo Utara yang terbagi dalam 105 desa pesisir. Dimana daerah Ini cocok untuk budidaya rumput laut maupun sektor pertambakan ikan bandeng, lobster dan budidaya kepiting bakau.

 

Ada juga beberapa desa di tujuh kecamatan itu memiliki kawasan perairan air tawar yang cocok untuk budidaya ikan air tawar (ikan nila, mujair dan ikan lele) yang mana itu telah menjadi tekad pemerintah kabupaten untuk menjadikan Kabupaten Konsel sebagai pusat pengembangan hasil perikanan laut dan air tawar di Sultra.

 

Kondisi perairan yang baik inilah yang kini tengah dijajaki untuk dikembangkan sebagai spot wisata bahari, berupa wisata pemancingan. Setidaknya ini menjadi poin besar bagi para pencinta mancing mania di Konsel. “Kita sudah jelajahi sejumlah wilayah di Konsel dan ada beberapa yang memiliki spot mancing yang bagus karena potensial lautnya memiliki ikan dalam jumlah besar,”kata Indra, komunitas mancing mania Konawe Selatan. Tinggal kalender ivent dan kalender iklim yang harus padu padan segera dibuat untuk dapat menjadi agenda wisata ke depan. Sk

Dokumentasi foto: Indra Davian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!