Peristiwa

Warga Kendari Saksikan Penomena Gerhana Bulan Total

×

Warga Kendari Saksikan Penomena Gerhana Bulan Total

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Penomena gerhana bulan total berlangsung Selasa (8/11/2022) sekitar pukul 18.30 wita. Peristiwa alam ini sempat menjadi perhatian warga di Kota Kendari dengan berbondong bondong keluar rumah guna menyaksikan gerhana bulan tahun ini.  Bahkan, beberapa mesjid  menggelar shalat gerhana bersama.

Untuk wilayah Indonesia gerhana bulan total memang dapat disaksikan di sejumlah daerah seperti Papua, Papua Barat, Halmahera, Seram Tengah, Seram Timur, Kepulauan Kai, Tanimbar, dan Aru.

Gerhana sejak kontak awal hingga akhir penumbra bisa diamati di wilayah Ternate, Tidore, Kepulauan Bacan, Sula, Seram Barat, Ambon, Maluku Barat Daya, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Sumenep, Situbondo, dan Banyuwangi.

Sedang yang bisa melihat gerhana sejak kontak awal total sampai akhir penumbra adalah di seluruh Pulau Jawa, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Gerhana sejak kontak puncak hingga penumbra akhir bisa dilihat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Bengkulu Utara. Sk

Puncak Gerhana terjadi pada pukul 19.00.22 WITA/20.00.22 WIT/18.41.37 WIB. Wilayah yang dapat teramati: seluruh Indonesia kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *