Peristiwa

Sukses Memimpin Bombana, Masyarakat Adat Minta Pj Bupati Dilanjutkan

×

Sukses Memimpin Bombana, Masyarakat Adat Minta Pj Bupati Dilanjutkan

Sebarkan artikel ini

Bombana, suarakendari.com — Masyarakat Adat Kabupaten Bombana menyampaikan aspirasi serta meminta Presiden dan Mendagri memperpanjang tugas Ir H Burhanuddin MSi sebagai Penjabat Bupati Bombana.

Aspirasi itu disampaikan masyarakat adat Bombana sejak Juli lalu karena jabatan Ir Burhanuddin akan berakhir pada 24 Agustus 2023. Pengusulan nama ke Pusat sudah disampaikan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi SH.

Ketua Pengurus Daerah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Bombana Mansur Lababa melalui keterangan resminya sangat berharap Presiden dan Mendagri memperpanjang jabatan Ir Burhanuddin MSi sebagai Penjabat Bupati Bombana.

Mansur tidak asal menyampaikan aspirasinya. Lababa punya alasan meminta Burhanuddin diperpanjang. Bahwa Kepala Dinas PU dan Sumberdaya Air Sultra itu telah banyak memberi perhatian dan dukungan pada masyarakat adat Hukaea Laea di Kabaena.

“Pertama, kami dapat perhatian besar dari bapak Pj Bupati Bombana. Aspirasi masyarakat adat Hukaeya Laeya mendapat perhatian. Ini sejak beberapa bulan Pak Pj memimpin Bombana,” kata Mansur Lababa, Selasa (8/8/2023).

Kedua, lanjut Ketua Adat Moronene Hukaea Laea ini, masyarakat adat Morone telah mendapat wilayah adat Moronene Hukaea Laea dari pemerintahan Pj Bupati Bombana Ir Burhanuddin MSi.

“Ketiga, wilayah yang banyak dihuni masyarakat adat di Pulau Kabaena telah mendapatkan bantuan listrik berupa mesin genset yang selama ini tidak ada. Daerah kami belum dialiri listrik sehingga Pak Bupati memberikan satu genset besar untuk wilayah kami,” kata Mansur Lababa.

Kemudian, warga Hukaea Laea juga tak lama lagi akan merasakan jalan yang layak dari Kendari ke Kasipute dan Kasipute ke Hukaea Laea.

Mansur Lababa menyimpulkan bahwa Pj Bupati Bomban Ir H Burhanuddin MSi dalam beberapa bulan memimpin telah banyak mengibah wajah Bombana, baik fisim maupun non fisik.

“Ini berkat kepemimpinan Pak Pj Bupati yang terasa sekali kemajuan daerah. Karena itu kami minta dengan sangat kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Mendagri H Muh Tito Karnavian melanjutkan kepemimpinan Pak Burhanuddin,” kata Lababa.

Pada bulan Oktober nanti, kata Mansur, pihaknya akan menggelar pertemuan adat yang merupakan arahan Pj Bupati Bombana. Pertemuan majelis adat itu indikasi perhatian besar untuk mesyarakat adat. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *