Peristiwa

Polresta Kendari Gelar Rakor Lintas Sektor Dalam Rangka Pengamanan Nataru 2022

×

Polresta Kendari Gelar Rakor Lintas Sektor Dalam Rangka Pengamanan Nataru 2022

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com- Bertempat di Aula Waspada Polresta Kendari, Jumat (16/12/2022), Polresta Kendari melaksanakan Rakor Lintas Sektoral, yang turut di hadiri Walikota Kendari, Asmawa Tosepu dan diikuti oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Kendari (Forkopimda) serta salah seorang Staf Kantor Kepresiden, Ali Mochtar Ngabalin.

Rakor lintas sektoral dalam rangka pengamanan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023, dilaksanakan untuk cek kesiapan pengamanan, dengan harapan yang sudah direncanakan dapat berjalan optimal, kamtibmas tertib dan kondusif.

Kapolresta Kendari, Kombes. Pol Muh Eka Fathurrahman, mengatakan, rakor menjadi sarana informasi, saran, masukan, dan menyamakan persepsi, dalam rangka pengamanan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023. Terkait pengamanan semua pihak diminta berperan aktif.

“Kami minta peran aktif semua pihak, karena pada saat Perayaan Natal dan Tahun baru akan diikuti meningkatnya mobilitas masyarakat, terutama di tempat ibadah. Puncaknya akan terjadi pada pergantian malam tahun baru, itu ada potensi menimbulkan gangguan kamtibmas, kemacetan, kecelakaan lalu lintas, apalagi saat ini musim hujan, jadi ada potensi bencana juga,” katanya.

Dalam pengamanan Nataru di kedepankan tindakan preventif, yang mendukung kemananan, kenyamanan, dan pelayanan prima kepada masyarakat. Diharapkan dari rakor ini nanti terjadi sinergitas dan kerjasama yang baik antar instansi.

Kapolresta juga menjelaskan, Selain itu tantangan dan ancaman yang dihadapi dalam operasi lilin tahun ini yakni ancaman terkait terorisme masih jadi kerawanan dalam pelaksanaan misa natal dan waspada anomali cuaca ekstrim seperti yang terjadi di Kolaka Utara yang terjadi banjir bandang.

“Dalam pelaksanaan pengamanan Nataru, dilapangan kami akan libatkan 130 personel, khusus Polresta, selain itu kami juga siapkan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan,” ucap Kapolresta.

Pj Waikota Kendari, Asmawa Tosepu dalam rakor lintas sektoral berharap semua stakholder bisa menyamakan visi, persepsi dan pola penindakan serta hambatan yang ditemui agar dapat dieliminir dan ditiadakan.

“Kami siap memberikan dan mensuport rekan-rekan Polri dalam pengamanan Nataru di Kota Kendari, dengan menyiapkan personil dari Intansi maupun Dinas terkait,” imbuh Pj Walikota Kendari.

Sementara itu, Staf Kantor Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin mengapresiasi sinergitas Polri, TNI dan Pemda dalam rangka pengamanan Natal 2022, dan Tahun Baru 2023, khususnya di wilayah Sultra.

“Saya berharap Perayaan Natal 2022 dan Tahun 2023, di seluruh wilayah di Indonesia, bisa berjalan aman, tanpa adanya gangguan Kamtibmas berarti,” kata Ali Mochtar Ngabalin. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!