Peristiwa

Latihan Sispamkota Langkah Antisipasi Terjadinya Konflik Pemilu di Sultra

×

Latihan Sispamkota Langkah Antisipasi Terjadinya Konflik Pemilu di Sultra

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com- Polda Sultra menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka mengantisipasi terjadinya konflik saat pra-pemilu hingga pasca-pemilu pada wilayah Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) di halaman apel Satbrimob Polda Sultra, Kamis (12/10/2023).

Latihan Sispamkota itu turut dihadiri Forkopimda Sultra, penyelenggara pemilu yakni KPU, Bawaslu, Perwakilan Parpol, serta Tokoh Masyarakat.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sultra Brigjen Pol Dwi Irianto mengemukakan, rangkaian adegan latihan Sispamkota didahului dari masa pendaftaran pasangan calon, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara (TPS), penghitungan suara, rekapitulasi hasil pemungutan suara.

“Latihan ini dimaksudkan agar para petugas pelaksana pengamanan bisa memahami akan tugas dan fungsinya saat berada di lapangan,” kata Brigjen Pol Dwi Irianto.

Dalam pelaksanaan pengamanan pemilu, Polda Sultra menyiapkan personil di tempat-tempat yang diprediksi terjadinya konflik atau gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Jumlah personil Polda Sultra dan jajaran yang diterjunkan mencapai 5200 lebih yang akan disebar ke tempat pemungutan suara dan rayon-rayon tertentu,” terangnya.

Brigjen Dwi Irianto mengimbau, agar masyarakat bersama-sama menjaga kondusivitas, di wilayah Sultra dalam rangka Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

“Apapun pilihan masyarakat, walaupun berbeda, namun tetap bisa menjaga keamanan dan kenyamanan bersama dalam menyambut pesta demokrasi,” harapnya. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *