Footnote

Kembalinya Azzurri

×

Kembalinya Azzurri

Sebarkan artikel ini

Tendangan melengkung indah Federico Chiesa telah membawa Italia memimpin pada menit ke-60, sebelum pemain pengganti Alvaro Morata menyelesaikan pergerakan operan yang bagus untuk menyamakan kedudukan Spanyol dengan hanya 10 menit waktu tersisa.

Dengan tidak ada tim yang dapat menemukan gol kemenangan di perpanjangan waktu, pertandingan dilanjutkan ke adu penalti dengan Jorginho mencetak tendangan penalti yang menentukan setelah kegagalan Morata untuk mengirim Italia lolos ke final internasional besar pertama sejak Euro 2012.

Pada tahun 2018, Italia melewatkan Piala Dunia pertama mereka sejak 1958, dan harus rela melihat legenda seperti Gianluigi Buffon & Daniele De Rossi pensiun dalam keterpurukan sepakbola paling kelam dan membutuhkan waktu untuk kembali bangkit. Era itu telah tiba sejak Mancini hadir mengasah Azzurri.

Roberto Mancini kini telah memimpin mereka ke 33 pertandingan tak terkalahkan dan final UEFA EURO 2020, membuktikan bahwa mereka dapat mengalahkan tim, bertahan melawan tim papan atas seperti Belgia dan mengendarai badai untuk mengatasi Spanyol melalui adu penalti. Mereka juga menunjukkan kelas mereka memberi penghormatan kepada Leonardo Spinazzola yang cedera yang telah menjadi pemain terbaik turnamen mereka.

Roberto Mancini adalah pemenang serial. Sebagai pemain, ia memenangkan dua gelar Serie A & enam Coppa Italia di Sampdoria & Lazio sebelum membawa mentalitas kemenangannya ke dalam manajemen.
Sebuah kemenangan Coppa Italia di Fiorentina, diikuti oleh Piala UEFA melaju ke semi-final dan Coppa Italia di Lazio membimbing Mancini ke peran yang didambakan manajer Inter. Mereka dianugerahi gelar Serie A pada 05/06 setelah hukuman Juventus, tetapi pada 06/07 di mana Inter asuhan Mancini bersinar.

17 kemenangan beruntun menginspirasi Inter untuk memenangkan Scudetto dan menyelesaikannya dengan rekor 97 poin. Dia membuat tiga Serie A berturut-turut pada tahun 2008 sebelum pindah ke Liga Premier. Mancini adalah orang yang mengelola tim besar Manchester City pertama dan memulai era baru dominasi.

Dia membawa legenda klub seperti David Silva, Yaya Toure & Sergio Aguero, membangun kekuatan untuk menantang Manchester United asuhan Sir Alex & mengakhiri kekeringan trofi City selama 35 tahun dengan Piala FA. Mancini akan selamanya tercatat dalam sejarah sepak bola Inggris sebagai orang yang memenangkan gelar paling dramatis dalam sejarah Liga Premier ketika Aguero mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-93 melawan QPR.

Sekarang dengan Italia, ia mengambil alih kekuatan yang terlupakan dari sebuah negara yang baru saja melewatkan kualifikasi Piala Dunia & duduk di peringkat FIFA terendah yang pernah ada. Sebuah 33 pertandingan tak terkalahkan kemudian, Italia asuhan Mancini adalah tim yang harus ditakuti dan dikagumi dalam ukuran yang sama dan akan bermain di final UEFA EURO 2020.

Komentar sebagian orang soal italia yang dianggap ‘perusak’ sepak bola hanyalah kekeliruan, sebab faktanya Italia adalah negeri para penakluk sekaligus pertahanan terkuat sepanjang masa. Italia datang ke Wembley setelah memenangi 13 pertandingan internasional terakhir mereka. Mereka juga tak terkalahkan dalam 32 laga (menang 27, seri 5). Kecepatan mereka dan penyelesaian akhir yang mematikan menjadi momok bagi lawan. Mengalahkan Belgia di perempat final dan Spanyol di semifinal tentu modal besar nan meyakinkan bagi anak-anak asuhan Roberto Mancini untuk melumat Inggris di kandangnya malam ini. Pastinya podium hanya membutuhkan satu pemenang untuk mengangkat tropi, dan itu Italia (bukan Inggris) pada waktunya . Berjayalah Italia, Berjayalah Mancini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *