Footnote

Di Kota Langka Minyak Goreng, Di Desa Anak Anak Belajar Membuat Minyak Kelapa

×

Di Kota Langka Minyak Goreng, Di Desa Anak Anak Belajar Membuat Minyak Kelapa

Sebarkan artikel ini

Warga Desa Rakadua Kecamatan Poleang Barat Kabupaten Bombana Sultra patut diapresiasi. Di tengah kelangkaan minyak goreng di kota dan berimbas sulitnya mendapatkan minyak goreng, ide kreatif lahir dan dipelopori guru-guru SMP N 12 Poleang Barat di Desa Rakadua, Kecamatan Poleang, Barat Kabupaten Bombana.

Barwansa Iskandar bersama guru guru lainnya mengajari anak anak didiknya cara mengolah kelapa hingga menjadi minyak. Dari akun FB Barwansa Iskandar menyematkan foto foto kegiatan yang dimulai dari proses pengupasan kulit kelapa kemudian mengeluarkan daging kelapa dari tempurungnya lalu diparut.

“Praktek Proses pembuatan minyak kelapa untuk pelajaran Prakarya pada SMPN 12 Poleang Barat,” tulis Barwansa pada akun sosial medianya tanggal 21 Maret 2022.

Menariknya, selain menggunakan parutan tradisional jaman tempo dulu dengan cara manual yakni kelapa didorong secara berlawanan hingga terparur keseluruhan, juga menggunakan parut dengan mesin penggerak dinamo listrik.

Anak anak didik tentu akan mendapatkan pengalaman belajar langsung setelah sekian lama mereka tidak pernah melihat langsung cara pengolahan kelapa hingga menjadi minyak.

Dengan praktek seperti ini, akan mengatasi ketergantungan terhadap konsumsi minyak sawit dan perlahan lahan anak anak dikenalkan dengan minyak kelapa yang murah dan menyehatkan

Penulis: Anton Perdinan

Sumber foto: Akun FB Barwansa Iskandar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *