Piala Dunia

Jepang Bungkam Jerman 2-1

×

Jepang Bungkam Jerman 2-1

Sebarkan artikel ini

 

Qatar, suarakendari.com-  Tim nasional Jepang mengejutkan dunia dengan berhasil membungkam timnas Jerman 2-1 dalam pertandingan pembuka Piala Dunia mereka pada Rabu (23/11/2022). Jepang “menghukum” juara empat kali itu karena tidak memanfaatkan peluang mereka setelah mereka mendominasi babak pertama.

Jerman datang ke Qatar di bawah tekanan besar untuk menghindari bencana 2018, ketika mereka gagal lolos dari babak penyisihan grup di Rusia sebagai pemegang Piala Dunia.

Sebelum bertanding melawan jepang, Tim Jerman sempat melakukan aksi menutupi mulut mereka untuk foto tim sebelum pertandingan sebagai protes keras terhadap keputusan FIFA untuk melarang ban lengan bertema pelangi.

Pasukan Hansi Flick memimpin melalui penalti babak pertama dari Ilkay Gundogan, namun sayang tidak dapat menambah koleksi gol setelah menciptakan sejumlah peluang.

Mental Dan Taktik Jepang

Jepang menunjukkan penerapan taktik yang tepat dan mental yang luar biasa ketika mereka menghantam Jerman dengan membalikkan skor dari tertinggal satu gol, berbalik unggul 2-1.

Timnas Jepang mungkin ingin menjadi “cahaya Asia” yang sesungguhnya di Piala Dunia ini. Meski belum juara bahkan perjalanan pertandingan masih sangat jauh, tetapi apa yang dilakukan Jepang terhadap Jerman malam ini, menunjukkan bahwa hebatnya hagemoni Jerman di pentas Piala Dunia kali ini tidak berarti apapun, sebagaimana juga Argentina yang  dijungkalkan Arab Saudi.

Pada babak pertama, Jepang berada dalam tekanan Jerman. Ball positions, dan penguasaan area, Jerman lebih unggul. Namun oleh Jepang melakukan taktik serangan balik yang cepat dengan membuat double blocking di dua lini, tengah dan belakang.

Selama ini Jerman dikenal sebagai tim yang paling taktis dalam mengatur tempo permainan, siapapun lawannya. Apalagi ada banyak sekali  peluang gol  tapi tidak berbuah gol. Misalnya peluang gol dari Musiala sebanyak dua kali, juga dari pemain Gnabry dan Havertz.  Banyaknya  jebakan offside oleh Jerman malam ini justeru berbuah blunder.

Sebaliknya, meski tertinggal gol pinalti Gundogan, Jepang bermain sabar saat menerima serangan bergelombang, mereka tetap bermain taktis dan serangan balik dari Junya Ito di sayap kanan, sangat efektif memberi perlawanan pada Jerman.

Pada babak kedua timnas Jepang mengubah pola permainan mereka dengan lebih berani keluar menyerang lewat sayap. Pergantian pemain yang tepat membuat kecepatan Jepang begitu merusak ‘staying power’ khas Jerman. Serangan balik Jepang yang dibalut dengan mental tanpa lelah dan tanpa mau menyerah, telah menghancurkan pertahanan Jerman. Sangat klinis dua gol Jepang yang berasal dari serangan open play yang hebat. Neuer menyerah ketika dua kali gawangnya di bobol Jepang dengan gol-gol bagus yang sulit dicegah.

Kenyataan Jerman semakin pahit, karena dua pemain pencetak gol bagi Jepang justru bermain di Jerman. Pencetak gol pertama Jepang Ritsu Doan bermain di klub SC Freiburg, sementara pencetak gol kedua Jepang Takuma Asano bermain di klub Vfl Bochum.

Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!