Kuliner

Ini Dia Gola Ni’i, Ole-ole Lengendaris Khas Kabaena

×

Ini Dia Gola Ni’i, Ole-ole Lengendaris Khas Kabaena

Sebarkan artikel ini

Pulau Kabaena tidak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan keindahan alam berupa gugusan pulau-pulau kecil dan pantainya. Tetapi ada banyak sekali yang menarik untuk diketahui, salah satunya tentang kuliner. Seperti diketahui, di setiap daerah di Indonesia mempunyai kuliner khas yang menjadi ciri daerah tersebut. Nah, Pulau Kabaena juga mempunyai beberapa macam kuliner diantaranya adalah Gola Ni’i atau Gula Kelapa.

Gola ni’i adalah oleh oleh legendaris khas masyarakat Kabaena yang masih diperdagangkan hingga saat ini. Gola nii terbuat dari gula aren dicampur dengan kelapa setegah tua. Untuk menambah rasa, gula kelapa juga biasa dicampur dengan nasi beras ketan. Gola Ni’i yang khas dibungkus pakai daun jagung.

Pembuatan gola nii sedikit rumit dan membutuhkan keahlian khusus untuk bisa menghasilkan gula kelapa yang enak. Biasanya pembuat makanan khas kabaena ini adalah orang-orang yang sudah terlatih. Ada tips pembuatan gula kelapa yang saya dapatkan dari beberapa nara sumber terpercaya.

Pembuatan gula kelapa dapat kita ketahui hasilnya apakah akan keras, padat atau legit hanya dari gula merah cair yang digunakan. Apakah gula merah cair tersebut pada proses pengolahannya menggunakan cairan penjernih air enau mentah atau dalam bahasa kabaena disebut ( Tanga ) atau tidak. Jika menggunakan Tanga maka hasil gula kelapa pasti akan keras padat, namun jika tidak maka hasilnnya akan lembek/legit. Kemudian kelapa yang digunakan haruslah buah kelapa setengah tua, karena jika kelapa yang dipakai sudah tua maka hasilnya tidak akan enak dan proses pengolahannya pun akan merepotkan. Jika buah kelapanya juga terlalu muda tidak baik karena tidak bisa diparut dengan menggunakan parutan tangan, yang biasa orang Kabaena sebut dengan nama (Pongkuru).

Sebagai bahan tambahan yang bisa kita sertakan dalam pembuatan maupun tidak tergantung selera adalah beras ketan putih, bahan ini diperlukan dengan tujuan agar penganan Gula Kelapa lebih gurih dan legit. Dengan catatan bahwa beras ketan harus dimasak terlebih dahulu.

Berikut rincian bahan dalam porsi produksi diatas 50 bungkus dan cara pembuatannya yang akan saya paparkan sebagai berikut:

ALAT :

• Wajan atau Kuali Besar
• Alat Pengaduk Besar 2 buah atau lebih (tergantung berapa orang yang mengaduk)
• Kulit Jagung Tua Untuk Pembungkus (di cuci dan dibersihkan kemudian dibiarkan kering)
• Tali Rafia Yang Telah di Potong-potong ukuran ± 30 cm Sebagai pengikat.

BAHAN :

• Gula Merah Cair : 5 liter
• Kelapa Setengah Tua sebanyak ± 13 buah (di parut)
• Beras Ketan : 2 kilogram (di masak)
• Air Kelapa Murni : 2 liter

PROSES PEMBUATAN :

• Langkah pertama, panaskan Gula Merah Cair hingga mendidih.
• Tuangkan parutan kelapa kedalam wajan berisi Gula Merah Cair mendidih sambil diaduk
• Setelah beberapa saat, campurkan air kalapa murni diaduk hingga rata.
• Terus di aduk hingga proses setengah matang, selanjutnya campurkan beras ketan yang telah dimasak diaduk hingga rata.
• Perlu diketahui bahwa proses pengadukan tidak berhenti, dimulai sejak parutan kelapa dituangkan hingga Gula Kelapa benar-benar matang dengan terus memperhatikan kondisi perapian agar tidak terlalu besar juga terlalu kecil, yang sedang-sedang saja. Karena jika terlalu besar apinya maka Gula Kelapa tidak akan matang dengan baik.
• Pada proses pengadukan, diperlukan minimal 2 orang yang mengaduk secara bersama. Dengan tujuan agar adonan tercampur dengan baik. Juga dikarenakan adonan sangat berat ketika diaduk, apalagi ketika prosesnya hampir matang. Jika adonan tidak lagi melengket pada wajan atau alat pengaduk ketika di aduk dengan cara diputar dan adonan ikut terputar membentuk bulat, itu tandanya Gula Kelapa telah matang dan adonan siap diangkat dari perapian.
• Selanjutnya didinginkan dulu, kemudian Gula Kelapa siap di bungkus / di kemas dengan menggunakan kulit jagung dan diikat dengan tali rafia. Maka Gula Kelapa khas Kabaena telah jadi dan siap untuk dinikmati.
Itulah cara pembuatan gula kelapa khas kabaena yang menjadi oleh-oleh favorit wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut. Sebagai saran, datang dan rasakan sendiri kuliner-kuliner yang ada di pulau kabaena.

(Diolah dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!