Peristiwa

Dua Kelompok Massa Unjuk Rasa Terkait Aktifitas Tambang di Torobulu

×

Dua Kelompok Massa Unjuk Rasa Terkait Aktifitas Tambang di Torobulu

Sebarkan artikel ini

Konsel, suarakendari.com-  Aksi demonstrasi dua kubu warga torobulu yang memprotes aktifitas penambangan PT. Wijaya Inti Nusantara ( PT.WIN ) di Desa Torobulu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konsel, Rabu (25/10/2023) mendapat pengamanan ketat aparat kepolisian setempat.

Pengamanan dilakukan dengan melibatkan 20 personil Polres Konsel dibantu personil Polsek Lainea untuk menghindari hal – hal yang berpotensi tindak pidana.

Kasi Humas Polres Konsel, AKP Muslimin Ganyu mengatakan pengamanan dilakukan dengan cara humanis dan kekeluargaan sebab yang pro dan kontra merupakan warga torobulu

“Benar, telah terjadi aksi spontan warga yang menolak aktifitas penambangan disekitar pemukiman warga,” ucap AKP Muslimin.

Namun di waktu dan tempat yang bersamaan terjadi juga aksi yang mendukung aktifitas penambangan sehingga menuntut penanganan pengamanan antisipasi konflik dari dua pihak tidak terjadi

Menurut kasi humas Polres Konsel, hasil rekomendasi dari Dinas Lingkungan Hidup Konsel, terkait dengan kajian teknis pelaksanaan pertambangan yang di lakukan oleh PT. WIN, tidak melanggar aturan yang ada, namun belum di sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan kajian teknik yang ada,sehingga muncullah warga yang kontra dengan pekerjaan yang di lakukan oleh PT. WIN.

Sehingga pihak kepolisian mendorong Pemerintah Kecamatab maupun Desa untuk melakukan sosialisasi terkait dengan kajian teknis yang ada. Sehingga masyarakat mengetahui hasil kajian teknis yang ada.

“Kami menghimbau kepada warga yang kontra dan pro maupun dari pihak perusahaan untuk tetap tenang dan upayakan menghindari perbuatan melanggar hukum,” tutup Kasi Humas. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *