Peristiwa

Pj Gubernur Sultra Pimpin Rakor Antisipasi Penanganan Dampak El Nino

×

Pj Gubernur Sultra Pimpin Rakor Antisipasi Penanganan Dampak El Nino

Sebarkan artikel ini

 

Kendari, suarakendari.com- Jajaran pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait antisipasi penanganan Dampak El Nino, di ruang rapat Kantor Gubernur Sultra, Senin (23/10./2023).

Rakor yang dipimpin Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto itu, dihadiri Sekda Provinsi Sultra,sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov dan unsur Pimpinan DPRD Sultra.

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto mengatakan rakor itu penting untuk menyiapkan langkah strategis, langkah antisipatif dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait.

“Kita perlu menyiapkan langkah mengantisipasi hal itu, makanya hari ini kita adakan rakor untuk membahas strategi penanganannya kedepan,” kata Andap Budhi Revianto.

Fenomena El Nino mengakibatkan kekeringan ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Sultra. Akibatnya, warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

“Yang paling penting kita semua secara kolaboratif bersatu padu melakukan penanganan dampak El Nino,” jelasnya.

El Nino sendiri adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. Singkatnya, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *