Peristiwa

Pemda Koltim Deteksi Dini Penyakit Kaki Gajah

×

Pemda Koltim Deteksi Dini Penyakit Kaki Gajah

Sebarkan artikel ini

KOLTIM, suarakendari.com-Pemda Koltim melalui Dinas Kesehatan, terus berupaya untuk bisa mengetahui apakah masyarakat terkena atau tidak penyakit tertentu atau tidak.

Salah satunya, mengetahui penyakit Filariasis atau kaki gajah. Dinkes Koltim bekerjasama dengan Balai Laboratorium Kesehatan masyarakat (BLKM) Makassar dan Dinkes Provinsi Sultra serta Laboratorium Kesehatan Provinsi Sultra untuk segera mengetahui penyakit tersebut.

Kadis Dinkes Koltim Ridwan Nasir SKM menjabarkan, melalui kerjasama tersebut, tiga instansi ini mulai melaksanakan kegiatan Brugia Impact Survey(BIS), kegiatan pengambilan darah pada malam hari untuk memeriksa mikroorganisme Cacing Filariasis ini pada warga, untuk menentukan apakah penduduk wilayah setempat sudah terbebas dari penyakit filariasis, dengan target kurang dari 1 persen atau maksimal 3 orang positif terdapat cacing filariasis didalam tubuh.

Sesuai namanya lanjut Ridwan Nasir, kegiatan ini dilakukan malam hari di mulai dari pukul 22.00 sampai 02.00 WIB dini hari. Karena mikroorganisme cacing filariasis dalam darah paling aktif di malam hari. Kegiatan ini di Bantu oleh kepala desa, kepala dusun, petugas kesehatan desa/kader desa, Babinsa, Babinkantibmas dan Linmas.

”Ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan program GEMAS atau Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat Kolaka Timur, yang selalu ditekankan Bapak Bupati agar kita benar-benar terjun ke masyarakat melayani dengan baik,” ucapnya.

Disebutkan Ridwan, Kegiatan ini mulai dilaksakana Rabu 22 Mei dan akan berakhir pada 29 Mei mendatang. Tempat Pelaksanaan kegiatan ini, di 12 Kecamatan, yang terdiri dari 30 desa dan kelurahan yang di tentukan oleh Kementerian Kesehatan, dengan sasaran 30-50 Jiwa per desa atau kelurahan. (Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!