Peristiwa

Momen Haru Pertemuan Kembali Masyarakat Bombana Bersama Ir.Burhanuddin

×

Momen Haru Pertemuan Kembali Masyarakat Bombana Bersama Ir.Burhanuddin

Sebarkan artikel ini

Bombana, suarakendari.com— Ir. H Burhanuddin MSi , Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bombana. Meski pun kini ia bukan lagi menjabat sebagai Pj Bupati di daerah itu, namun masyarakat Bombana tampak masih merindukannya di mana pun ia berada di Bombana.

Di sebuah jamuqn makan malam di rumah seorang kerabatnya di Lameroro pada hari Jumat malam tanggal 15 Desember 2023, terlihat sekitar 40 warga dan tokoh masyarakat mendatanginya. Terlihat jelas betapa Burhanuddin dirindukan oleh warga.

Hal yang sama terjadi ketika ia berada di Hotel Grand Lampusui, banyak warga yang datang untuk bertemu mantan bupatinya itu. Terlihat seperti mereka ingin melepas rasa kangen, padahal Burhanuddin baru saja meninggalkan Bombana setelah diganti pada tengah jalan.

Warga dan tokoh masyarakat yang datang menemui Burhanuddin adalah mereka yang merasakan betul kinerjanya sebagai Plt Bupati Konawe Kepulauan dan Plt Sekda Buton Utara. Mereka merindukan kebersamaannya dan masih mengingat betul sepak terjangnya selama menjabat.

Burhanuddin melepas jabatan Pj Bupati pada 27 November 2023 setelah menjabat sejak 24 Agustus 2022, dan kembali diperpanjang pada 24 Agustus 2023. Namun tak disangka, Burhanuddin diganti sebelum masa jabatannya benar-benar berakhir pada 24 Agustus 2024.

Kehadiran Burhanuddin di Bombana kali ini membawa kesan tersendiri bagi warga masyarakat. Mereka masih tetap mengingat dan merindukannya.

Walaupun hanya kunjungan kerja, hadirnya Burhanuddin menjadi suatu hal yang dinanti oleh masyarakat Bombana. Kehadirannya mengingatkan kembali betapa pentingnya sebuah kepemimpinan yang mampu menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat yang dipimpinnya.

Ya, pergantian Burhanuddin yamg juga pernah menjabat PLT Buton Utara dan PJ Konawe Kepulauan ini terasa mengagetkan masyarakat Bombana. Padahal kinerjanya sangat kinclong. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jalan dan energi listrik.

Misalnya Pulau Kabaena yang seumur-umur belum mendapatkan listrik sepanjang hari. Namun di tangan Burhanuddin listrk di pulau dengan lima kecamatan itu bisa menyala 24 jam.

Di Pulau itu juga, pengaspalan jalan dilakukan dengan anggaran mencapai 70 miliar dari dana pusat. Jalan-jalan di Kasipute sudah makin baik, ditambah lampu jalan yang selama ini tidak ada.

Transportasi umum juga sudah diadakan oleh Burhanuddin. Sehingga masyarakat dan anak-anak sekolah di Rumbia sudah terpenuhi sarana transportasinya.

“Kami sangat merasakan bagaimana kinerja beliau (Burhanuddin) di Bombana ini. Hanya dalam 15 bulan tapi hasilnya sama dengan bekerja sudah lima tahun,” kata A Hardi, salah seorang tokoh Poleang di Rumbia, Sabtu (16/12/2023).

Hardi sempat menyingggung pergantian Burhanuddin di Bombana. Menurut dia, faktor politik seperti mengalahkan faktor kinerja. Kinerja yang bagus namun karena politik banyak yang mengabaikan fakta.

“Burhanuddin lurus dalam bekerja. Tidak macam-macam. Hanya mau berbuat banyak untuk masyarakat. Pengalamannya di pemerintahan mengalahkan pengalaman seseorang yang sudah belasan tahun di politik,” kata A Hardi. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *