Environment

Dorong Kota Kendari sebagai Role Model Pengelolaan Sampah Kota, Naturevolution Lakukan Audiensi dengan Pj. Wali Kota Kendari

×

Dorong Kota Kendari sebagai Role Model Pengelolaan Sampah Kota, Naturevolution Lakukan Audiensi dengan Pj. Wali Kota Kendari

Sebarkan artikel ini

KENDARI, suarakendari.com-Dalam rangka mendorong pengelolaan sampah kota yang lebih baik, Evrard Wendenbaum, Presiden Naturevolution, sebuah lembanga lingkungan dari Perancis, melakukan penjajakan kerjasama bersama Pemerintah Kota Kendari yang diterima langsung oleh Pj. Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, di ruang kerjanya, Kamis, 18 April 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Evrard memaparkan program kampanye pengelolaan sampah di Kota Kendari yang sudah dimulai beberapa tahun yang lalu. Diantaranya pembangunan beberapa bank sampah, edukasi di sekolah, kantor-kantor pemerintah dan masyarakat, serta pengolahan sampah di TPST TPA Puuwatu. Sebagai bagian dari keberlanjutan program mereka, kerjasama dengan Pemerintah Kota Kendari perlu dilakukan untuk membangun komitmen serta pembagian hak dan kewajiban antara kedua belah pihak.

Khususnya dalam mendukung operasionalisasi TPST TPA Puuwatu yang akan di revitalisasi melalui project Bank Dunia, serta program peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah. Target kedepannya adalah bagaimana mendorong Kota Kendari sebagai role model pengelolaan sampah kota.

Pj. Wali Kota yang didampingi Kepala Bappeda, Sekretaris DLHK, Sekretaris, Kepala Bidang dan Fungsional Bappeda, menyambut baik inisiatif dari Naturevolution. Dirinya menyebiutkan bahwa pengelolaan sampah merupakan salah satu tantangan yang dihadapi Kota Kendari. Diperlukan kolaborasi banyak pihak dan berbagi peran.

Lebih lanjut, Muhammad Yusuf mengatakan bahwa program kampanye penyadaran dan pengelolaan sampah perlu difokuskan di kawasan pesisir, hal ini terkait dengan eksisting Teluk Kendari sebagai ikon Kota Kendari untuk bisa terbebas dari sampah dari darat.

Evrard menambahkan, bahwa bulan Juni nanti, sebuah kapal Lembaga lingkungan dari Perancis, Plastic Odyssey akan sandar di Kota Kendari dalam rangka kampanye edukasi pengelolaan sampah. (Alfian Bappeda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *