Peristiwa

Bencana Angin Puting Beliung Makin Sering Terjadi di Kendari

×

Bencana Angin Puting Beliung Makin Sering Terjadi di Kendari

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Bencana angin puting beliung makin sering saja terjadi di wilayah Kota Kendari. Pusaran angin menerjang pemukiman warga, seperti yang terjadi  di dua kelurahan, yakni Kelurahan Kendari Caddi Kecamatan Kendari dan Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga.

Di Kendari Caddi terdapat 2 keluarga yang mengalami kerusakan rumah tertimpa pohon. Di Baruga juga beberapa rumah warga tertimpa musibah puting beliung.

Untuk mengetahui tentang kebencanaan terkait angin puting beliung dapat kita lihat dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, angin puting beliung didefinisikan sebagai angin kencang yang datang secara tiba-tiba, mempunyai pusat, bergerak melingkar menyerupai spiral dengan kecepatan 40-50 km/jam hingga menyentuh permukaan bumi dan akan hilang dalam waktu singkat (3-5 menit). Angin puting beliung sering terjadi di wilayah tropis diantara garis balik utara dan selatan, kecuali di daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan khatulistiwa.

Angin puting beliung yang bergerak dari lautan dapat mengaduk air laut dibawahnya dan pusat menyebabkan gelombang besar (badai). Dipusat badai mata angin yang bertekanan rendah akan membentuk kubah air yang tinggi. Kubah air ini akan menjadi banjir bila angin badai menghantam daratan.

Terkait musibah bencana puting beliung di dua kecamatan, Pemerintah Kota Kendari bersama Dinas Sosial Kota Kendari turun langsung menyerahkan bantuan sosial kepada para korban.

Akibat kerusakan yang dialami 5 (lima) keluarga di kedua kelurahan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Kendari Dr. Drs. Ridwansyah Taridala,. M.Si, turut hadir menyambangi lokasi rumah warga tersebut, Sabtu (8/7).

Menurut keterangan Kepala Dinas Sosial Abdul Rauf, bencana puting beliung yang terjadi pada Jumat (7/7) telah mengakibatkan rumah warga rusak berat akibat terpaan angin dan tertimpa pohon.

“Dari puting beliung ini tepatnya di Kendari Caddi ada 2 orang keluarga kita, sehingga menyebabkan rumahnya tertimpa pohon. Di Baruga juga beberapa rumah warga tertimpa musibah puting beliung. Untuk bantuan perbaikan rumah, Dinas Sosial bakal berkoordinasi terlebih dahulu kepada Dinas Perumahan Kota Kendari.”terangnya. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!