Bangun Negeri

Wali Kota Berharap Kerukunan Tetap Terpelihara di Baubau

×

Wali Kota Berharap Kerukunan Tetap Terpelihara di Baubau

Sebarkan artikel ini

Baubau, suarakendari.com– Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menghadiri kegiatan launching dan pelantikan pengurus Kelurahan Sadar di balai pertemuan Kelurahan Ngkari-Ngkari Kamis (25/5/2023) mengatakan, keberadaan kita di kota Baubau ini yang penuh keragaman tidak hanya sekedar tidak saling mengganggu tetapi justru membangun hubungan yang lebih tinggi dari itu dengan membangun kerukunan dan membangun harmoni. Sebab, sudah ini yang menjadi keniscayaan hidup dalam keragaman dan belajar dari sejak masih kerajaan Buton didirikan oleh beberapa kelompok yang hadir secara bergelombang. Bahkan, di Buton hampir bisa di katakan tidak ada satu etnis yang berdominasi bahwa baik dari bentuk tubuh, warna kulit, model rambut, beda warna bentuk mata dan bentuk warna kulit selalu berbeda beda.

Menurut La Ode Ahmad Monianse, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kerukunan di Kota Baubau yakni harus menjaga sifat saling menghormati dan saling toleransi yang merupakan salah satu kunci untuk menjaga kerukunan. Kemudian, dengan membangun toleransi hindari berbicara atau menjunjung perasaan beragama.

Diungkapkan, terpilihnya Kelurahan Ngkari-Ngkari Kecamatan Bungi sebagai lokasi launching dan pelantikan pegurus Kelurahan Sadar dikarenakan, sudah melalui diskusi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bahwa Kecamatan Bungi benar-benar mencerminkan masyarakat henterogen dari suku bangsa yang ada di Indonesia yakni ada Buton, Muna, Toraja, Bugis, Makassar, Bali, Jawa. Selain itu, Kecamatan Bungi adalah lumbung pangan sehingga menduduki posisi paling penting buat keberlanjutan hidup di Kota Baubau. “Saya memberikan apresiasi kepada Kemenag Baubau yang sudah mengesiasi dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan untuk hari ini kita mengukuhkan sebagai awal yang baik dan selanjutnya kita akan bergeser ke kelurahan kelurahan lain, di Sorawolio juga kita akan bentuk hal seperti ini karena di sana juga berbagai macam perbedaan,”ungkapnya.

Sementara itu, dalam memasuki tahun politik, orang nomor satu di Kota Baubau ini menyarankan untuk selalu menghindari berita-berita hoax yang disebabkan perbedaan pilihan, perbedaan pandangan politik, perbedaan dukungan. “Ini perlu kita hindari, mari tahun politik ini kita ikut dan dibangun dengan kegembiraan. Kita akan menyambut pemimpin baru, lembaga lembaga baru, untuk membawa negara ini menjadi lebih baik,”tutupnya.

Foto/Peliput : BAYU
Produksi : DINAS KOMINFO BAUBAU
Penanggung Jawab : Kepala Dinas KOMINFO Kota Baubau H Andi Hamzah Machmud, S.Sos, M.Si

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *