Bangun Negeri

Tongauna Bakal Segera Miliki Areal Persawahan

×

Tongauna Bakal Segera Miliki Areal Persawahan

Sebarkan artikel ini

Koltim, suarakendari.com– Meski menjadi wilayah paling jauh dan dataran tinggi bersama Desa Puurau, Desa Tongauna Kecamatan Ueesi bakal segera miliki areal persawahan.

Desa Tongauna yang beberapa tahun terkahir menjadi tujuan program transmigrasi, saat ini sedang dibuatkan areal persawahan.

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan data tim yang sedang mengerjakan percetakan sawah tersebut, luasannya mencapai 100×75 meter per kapling. Dan, saat ini sedang dikerjakan 80 kapling yang terbagi di tiga tempat dalam desa tersebut.

“Luar biasa potensi sawah kita disini. Secara keseluruhan, terdapat 3.065 Ha potensi sawah di Desa Tongauna ini dan Desa Puurau yang ada disebelahnya. Artinya, kalau ini terealisasi keseluruhannya, maka luar biasa padi yang kita hasilkan disini, yang juga berarti bakal meningkatkan taraf hidup masyarakat kita disini,” ucap Bupati Koltim Abd Azis SH MH, saat meninjau pencetakan sawah di Desa Tongauna, Sabtu (14/10/2023) sore bersama Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis AMa dan pihak terkait.

Dengan proses pencatakan sawah yang sedang berlangsung saat ini, bupati menyebut sekitar akhir November tahun ini, sawah tersebut sudah bisa berfungsi dan digarap para pemilik lahan.

Sedang Kadis Nakertrans Koltim Bio Mansur SPd MSi yng turut mendampingi bupati menyebut, jika program percetakan sawah ini, sudah direncanakan sejak 2021 lalu, tetapi baru terealisasi di 2023 ini. (Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *