Kultur

Mengenal Tarian Meroo-roo Asal Koltim Tampil di Malam Puncak PRB

×

Mengenal Tarian Meroo-roo Asal Koltim Tampil di Malam Puncak PRB

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Puncak peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tahun 2023 dilaksanakan di Bumi Anoa, Sulawesi Tenggara (Sultra) l, telah dilaksanakan Jumat (13/10/2023) di Hotel Claro Kendari.

Dikegiatan ini, turut ditampilkan sebagai hiburan, Tarian Meroo-roo Asal Koltim. Tak ayal, tarian ini mengundang tepuk tangan seluruh yang hadir.

Acara ini, dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dari berbagai instansi, termasuk Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, serta Pj Gubernur Sultra Komjen Pol. (P) Dr. (H.C) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H, PJ Gubernur Aceh Mayor Jenderal TNI (Purn.) Achmad Marzuki, Bupati dan Walikota Se-Sultra seperti Bupati Koltim Abd Azis SH MH.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Koltim Sulwan Sovian SPd MMPd menjelaskan, Meroo-roo dalam bahasa Tolaki berarti, mencari atau menangkap ikan, pekerjaan meroo-roo merupakan kegiatan masyarakat Tolaki di Wonua Sorume Koltim sejak zaman dahulu kala, dengan menggunakan Owuwu (alat penangkap ikan yang terbuat dari bambu/bubu).

“Pekerjaan Meroo-roo ini, biasa dilakukan secara mekambare atau bergotong royong yang dilakukan oleh anak-anak, remaja ataupun orang dewasa,” sebutnya.

Tarian Meroo-roo sebutnya, merupakan produksi Sanggar Padaidi, di bawah binaan TP PKK Koltim dan BPBD Koltim. (Diskominfo)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *