Peristiwa

SPBE Sambuli Jamin Takaran LPG 3 Kg Sesuai Aturan

×

SPBE Sambuli Jamin Takaran LPG 3 Kg Sesuai Aturan

Sebarkan artikel ini

KENDARI, suarakendari.com– Pertamina Patra Niaga serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kendari melakukan kunjungan ke Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Kelurahan Sambuli, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Kamis (30/5/2024).

Kunjungan itu untuk memastikan bahwa liquefied petroleum gas (LPG) 3 Kilogram (Kg) yang disalurkan ke masyarakat sesuai takaran.

Kunjungan merupakan tindak lanjut dari hasil pemeriksaan Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Tertib Niaga terkait pengawasan terhadap BDKT (Berat dalam Keadaan Terbungkus).

Humas PT Cahaya Internasional Indonesia (CII) selaku penyalur gas elpiji 3 Kg di Kota Kendari, Muh Al Asdin mengatakan pengawasan dilakukan dalam rangka menjamin kesesuaian pelabelan dan kebenaran kuantitas dalam transaksi perdagangan yang memberikan kepastian hukum bagi masyarakat dan perlindungan kepada konsumen.

“Sejauh ini kami melakukan takaran pengisian LPG 3 kilogram sesuai ketentuan dan tidak terjadi kecurangan,” kata Muh Al Asdin.

Asdin menambahkan pemeriksaan yang dilakukan Pertamina Patra Niaga dan Disperindag antara lain, pengecekan akurasi mesin pengisian sebelum dioperasikan, pengecekan kualitas produk dengan uji lab di Terminal LPG, melakukan pengecekan visual kondisi tabung sebelum pengisian, proses uji sampling mesin pengisian setiap awal dan pergantian shift termasuk pemasangan seal karet bila tidak ada di tabung, dilanjutkan pemasangan tutup pengaman dan segel di tabung dan pengecekan kebocoran pada tabung sebelum diangkut ke truk agen.

“Sebagai stasiun pengisian LPG 3 kg, kami memastikan takaran yang kami salurkan ke masyarakat melalui agen tidak terjadi kecurangan, seperti yang di temukan dibeberapa daerah di Indonesia,” ujarnya.

Terkait pasokan tabung LPG 3 kilogram, Al Asdin menjelaskan sejauh ini tercukupi dan tidak terjadi kekosongan.

“Untuk satu hari LPG 3 kilogram yang kami distribusikan ke masyarakat mencapai 80 LO atau 80 truk dengan isi 560 tabung,” pungkas Al Asdin. YS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!