Bangun Negeri

Dinas SDA dan Bina Marga Sultra Tangani Dua Ruas Jalan Rusak di Butur Tahun Ini

×

Dinas SDA dan Bina Marga Sultra Tangani Dua Ruas Jalan Rusak di Butur Tahun Ini

Sebarkan artikel ini

KENDARI, suarakendari.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra telah melakukan langkah signifikan dalam menangani masalah infrastruktur jalan yang rusak di wilayah Bumi Anoa.

Beberapa Jalan dengan kondisi tidak mantap jadi prioritas, salah satunya dua ruas jalan di wilayah Buton Utara (Butur) tahun ini di benahi.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Pahri Yamsul, menegaskan komitmen pemerintah provinsi dalam mempercepat proses perbaikan jalan demi kesejahteraan masyarakat.

“Penandatanganan kontrak yang kami lakukan pada Kamis (30/5/2024), merupakan bukti kepedulian kami di Bina Marga terhadap percepatan pekerjaan infrastruktur. Saat ini, ada dua paket pekerjaan di Butur yang sudah siap dikerjakan oleh rekanan CV Toromata Karya Ramdhani,” kata Pahri Yamsul.

Dua paket pekerjaan yang dimaksud adalah perbaikan jalan di ruas Rounta-Lambale sepanjang kurang lebih 3,4 km dengan anggaran sekira Rp9 miliar, dan Lambale-Ereke sepanjang sekitar 1,4 km dengan anggaran Rp3,4 miliar. Total anggaran untuk kedua ruas tersebut mencapai lebih dari Rp13 miliar.

“Masa kerja untuk ruas Rounta-Lambale sekitar 150 hari atau lima bulan, sementara untuk ruas Lambale-Ereke sekitar 120 hari atau empat bulan. Pekerjaan ini akan dimulai pada 31 Mei 2024. Kita berharap akhir tahun ini semua tuntas,” ujarnya.

Perbaikan jalan itu diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat Butur akan infrastruktur yang layak pakai. Namun, Pahri juga menyatakan bahwa tidak semua masalah jalan dapat diselesaikan sekaligus karena keterbatasan anggaran.

Menurutnya, pemerintah masih membutuhkan sekitar Rp60 miliar untuk menangani permasalahan jalan.

“Karena itu kami membuat matriks skala prioritas untuk penyelesaian masalah jalan di Sultra. Khusus untuk daerah Buton Utara tahun ini, kami mengalokasikan anggaran sekitar Rp13 miliar lebih untuk dua ruas jalan tersebut. Ini adalah salah satu anggaran terbesar untuk perbaikan jalan di Sultra pada tahun 2024,” pungkas Pahri. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!