Jelajah

Pulau Lara Pilihan Berlibur Pasca Lebaran

×

Pulau Lara Pilihan Berlibur Pasca Lebaran

Sebarkan artikel ini
Warga berwisata di pulau lara dengan latar panorama alam laut yang indah. foto: megawati

Pulau Lara mungkin tak sepopuler dengan tempat wisata lainnya di Sulawesi Tenggara, tapi panoramanya yang indah menjadi alternative pagi para wisatawan melepas lelah pasca lebaran. Apalagi jarak dari kota kendari terbilang  cukup dekat. Akses dari kendari dapat ditempuh ± 1 jam  ke dermaga penyeberangan. Dari dermaga, menggunakan kapal nelayan menuju pulau, lama penyeberangan 15 menit. Untuk biaya, umumnya biaya transportasi laut disini tidak ditetapkan, tergantung jumlah penumpang dan besarnya kapal.

Ada banyak factor yang membuat pulau kecil ini dilupakan banyak pihak, salah satunya minimnya promosi dan perhatian pemerintah Konawe Selatan.

terumbu karang di laut dekat pulau lara, konawe selatan. foto: Megawati

Ya, pulau kecil, yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Muramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan  membutuhkan sentuhan apik dinas terkait untuk membangun sejumlah sarana wisata di pulau tersebut.

Panorama yang ditawarkan sangat memanjakan mata pengunjung, dengan kejernihan air sehingga sangat baik untuk para pencinta olah raga air, seperti selam atau snorkeling. Ini ditunjang dari letak geografis pulau dimana pulau ini berada di kawasan teluk staring sehingga airnya tenang dan jernih.

Meski potensi alamnya masih sangat alami, beberapa tahun terakhir tempat ini sudah sering dikunjungi oleh masyarakat setempat. Sayang, kurangnya kesadaran warga setempat menjaga kebersihan pantai, sehingga mengganggu ekosistem laut khususnya terumbu karang disekitar pulau.

Ini merupakan tugas Dinas Dinas terkait di Konsel, agar nantinya dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat setempat demi menjaga keberlangsungan dan kelestarian pulau lara serta nantinya bisa menjadi devisa daerah. SK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *