Peristiwa

Program PKK Bombana Tetap Fokus Penurunan Angka Stunting

×

Program PKK Bombana Tetap Fokus Penurunan Angka Stunting

Sebarkan artikel ini

Bombana, suarakendari.com-Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana telah memberikan komitmen untuk memfokuskan programnya pada ketetapan Perpres 72 tahun 2021, yaitu untuk menurunkan angka stunting secara signifikan.

Dalam pembukaan Rapat Koordinasi di tahun 2023 di Kantor Bupati, Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin MSi memberikan apresiasi atas upaya PKK Bombana yang telah mengakomodasi program-programnya dengan program kesejahteraan masyarakat yang dilaksanakan oleh Pemkab Bombana.

Dalam arahannya, Burhanuddin memberikan contoh pemenuhan gizi ibu hamil, anak balita, dan ibu menyusui melalui Gerobak Dashat dan Ayah Ibu Asuh serta terus memberikan semangat kepada Tim Penggerak PKK agar terus berinovasi dan berkarya demi kesejahteraan masyarakat Bombana.

Salah satu cara mendukung pemerintah daerah dalam upaya menurunkan angka stunting adalah dengan menyelenggarakan rapat koordinasi yang membahas program-program utama dalam integrasi dengan Tim Penggerak PKK pusat secara berjenjang di seluruh Indonesia.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana Hj Farmawati Kasim Marewa, S.Sos dalama sambutannya memaparkan  program PKK Bombana untuk tahun depan tetap memfokuskan pada penurunan angka stunting hingga menuju generasi emas tahun 2045 sebagaimana ketetapan dalam Perpres 72 tahun 2021. “Target program PKK terus kami lanjutkan untuk tahun depan masih fokus pada pencegahan dan an penurunan angka stunting menuju generasi emas tahun 2045 sebagaimana yang diamanahkan Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang penurunan angka stunting yang secara nasional masih di angka 21 persen,” beber Fatmawati Kasim Marewa.

Semua aktivitas PKK Bombana bertujuan untuk mendukung penurunan angka stunting. Salah satu program unggulan adalah Gerobak Dashat, yang telah diimplementasikan di setiap desa dan kelurahan. Program ini dikembangkan untuk membantu masyarakat di desa-desa yang sulit dijangkau untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, terutama bagi balita. Gerobak Dashat membantu distribusi vitamin, Biskuit, telur, dan susu yang dijadwalkan secara rutin. Program ini telah berhasil membantu meningkatkan status gizi anak-anak di Bombana dan program ini akan terus ditingkatkan ke depannya.

Selain itu, PKK Bombana juga melanjutkan program Ayah dan Ibu Asuh untuk anak stunting. Program ini memberikan dukungan dan monitoring terhadap anak-anak stunting dari ibu asuh yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan nutrisi anak tersebut. Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup anak stunting melalui dukungan dari orang tua asuh.

“Dalam rangka membantu masyarakat, PKK Bombana juga berupaya untuk menawarkan program kerjasama dengan berbagai pihak. Dukungan dari berbagai pihak dapat membantu PKK Bombana untuk memperkuat program-program mereka dan meningkatkan dampaknya pada masyarakat. Dengan dukungan semua pihak. Diharapkan target percepatan penurunan angka stunting dapat tercapai dan memberikan manfaat bagi masyarakat Bombana,”jelasnya. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *