Peristiwa

Pj Gubernur Sultra Pimpin Upacara di Hari Jadi Kota Baubau

×

Pj Gubernur Sultra Pimpin Upacara di Hari Jadi Kota Baubau

Sebarkan artikel ini

Baubau, suarakendari.com- Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 2023 ini genap berusia 482 tahun dan berulang tahun ke 22 tahun sebagai daerah otonom.

Hari bersejarah itu mengingatkan kembali bahwa 482 tahun yang lalu menjadi catatan sejarah dilantiknya Sultan Murhum Khalifatul Khamis pada tahun 1542 masehi atau 948 hijriah sebagai Sultan Buton pertama sekaligus sebagai simbolisasi masuknya Islam di Buton yang menjadi awal mula penentuan hari jadi Kota Baubau.

Kemudian pada tahun 2001 Kota Baubau ditetapkan sebagai daerah otonom berdasarkan UU nomor 13 tahun 2001.

Peringatan HUT Kota Baubau tahun ini, Selasa (17/10/2023),ditandai dengan dilaksanakannya upacara di lapangan Sepak Bola Betoambari, Kota Baubau, dan bertindak sebagai inspektur upacara Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto, tampil mengenakan pakaian kebesaran kesultanan Buton, Dolomani seperti yang pernah dikenakan Presiden RI Jokowidodo.

Selain Pj Gubernur Sultra, para tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian adatnya masing-masing.

Dalam amanatnya, Pj Gubernur Sultra menyebut, kita patut berbangga atas jasa-jasa dan pengabdian tulus dari para pendahulu, yang memiliki semangat dan tekat yang kuat untuk berjuang dalam meletakkan pondasi Kota Baubau untuk terus maju, menuju masyarakat sejahtera dengan tingkat kehidupan yang lebih baik. Termasuk kepada seluruh masyarakat, para perantau dan aparat yang telah berbakti.

“Harapan kita bersama, kiranya dan hasil pengabdian karya berharga yang diberikan kepada negeri ini menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita untuk meneruskan dan mewujudkan cita-cita luhur pendiri negeri ini,” ungkap Andap Budhi Revianto.

Disebutkan Andap, berbagai karya pembangunan yang telah dicapai selama ini tentunya merupakan buah kerja keras kita semua, baik pemerintah, swasta dan komponen pelaku pembangunan lainnya dalam masyarakat.

“Saya mengajak seluruh warga Kota Baubau beserta stakeholders di daerah ini, untuk menjadikan peringatan hari jadi Kota Baubau ini sebagai momentum introspeksi pelaksanaan agenda nasional terutama dalam menghadapi pesta demokrasi yakni Pemilu Serentak 2024,” imbuhnya.

Turut hadir dalam upacara seluruh unsur Forkopimda Kota Baubau dan Kabupaten Buton, serta tamu undangan sejumlah kepala daerah di Sultra. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *