Environment

Pj Bupati Bombana Ikut Menanam Mangrove

×

Pj Bupati Bombana Ikut Menanam Mangrove

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com– Sebagai wujud kepedulian pada lingkungan, Pj. Bupati Bombana Ir. H. Burhanuddin, M.Si., menghadiri kegiatan penanaman pohon mangrove secara serentak bersama Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi di Teluk Kendari, Watu-Watu Kec. Kendari Barat, Senin(15/5/2023) lalu.

Kegiatan penanaman mangrove dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, dengan mengusung tema “Mangrove For Better Life”. Penanaman mangrove di Jakarta dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Panglima TNI, Kapolri dan Menteri Pertahanan RI di PIK Jakarta.

Mayjen TNI Totok Imam Santoso dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Provinsi Sulawesi Tenggara, dan berharap Sultra kedepannya semakin sukses, semakin unggul, semakin kokoh dan semakin optimal dalam membantu dan melayani masyarakat Sultra.

Beliau mengungkapkan sejak periode Maret sampai dengan Mei 2023 sudah menanam mangrove di 24 titik di areal seluas 312.000 hektar, dan pohon yang ditanam telah mencapai sekitar 46 ribu pohon. Diketahui bersama, pohon mangrove ini sangat membantu terutama daerah-daerah pantai untuk menjaga abrasi, longsor, dan juga sebagai tempat limpahan ikan-ikan dan sebagainya.

Gubernur Ali Mazi juga menambahkan bahwa keberadaan hutan mangrove memiliki peran yang sangat vital dan manfaat yang besar, baik secara ekonomi, ekologi, maupun pertahanan dan keamanan khususnya di wilayah pesisir, yang mana semua peran dan manfaat tersebut adalah untuk kelangsungan hidup manusia dan mahluk hiudup (jenis biota lainnya) yang menjadikan kawasan mangrove sebagai tempat habitatnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Forkopimda Sultra, Danrem 143 Halu Oleo, Bupati/Walikota Se-Sultra, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Dan Pimpinan Instansi Vertikal, dan beberapa Pejabat terkait lainnya. (SrM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *