Peristiwa

Pertama Kali UML Perindag Baubau Lakukan Pengawasan Metrologi Legal

×

Pertama Kali UML Perindag Baubau Lakukan Pengawasan Metrologi Legal

Sebarkan artikel ini

Baubau, suarakendari.com-Untuk pertama kalinya UML ( Unit Metrologi Legal) Dinas Perindag Kota Baubau melakukan pengawasan setelah terbentuk UML Kota Baubau pada bulan Februari lalu yang ditandai dengan keluarnya surat keterangan no. MR 04.01/09/PKTN 4/KKOTTU/02/2024, dengan kode daerah 393.

Hal ini diungkapkan Kadis Perindag Kota Baubau H La Ode Ali Hasan, SE, M.Si Kamis (4/4/2024).
Menurut H Ali Hasan, Pengawasan Metrologi Legal dilakukan dalam rangka menjamin kebenaran alat ukur takar timbang dan perlengkapannya (alat UTTP) menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2024.

Dikatakan, dasar hukum:pelaksanaan pengawasan terhadap Metrologi Legal adalah UU No.2 tahun 1981, tentang Metrologi Legal, UU no.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan Permendag no.26/M-DAG/PER/5/2017 tentang pengawasan Metrologi Legal. Sedangkan tujuan pengawasan ini agar ketika menjelang lebaran Idul Fitri dimana volume kendaraan yang mengisi BBM naik, maka metrologi harus memastikan bahwa kebenaran ukuran alat UTTP (nozel BBM SPBU), masih sesuai aturan atau tidak.

Dijelaskan, yang menjadi obyek pengawasan UML Peirndag Kota Baubau untuk pertama kalinyya adalah SPBU Taruna Jaya Abadi, dan beberapa alat UTTP yang sudah dan akan diawasi karena SPBU ini merupakan SPBU terbesar dan tertinggi volume pelayanan pengisian BBM di Kota Baubau.

”Obyek yang akan diawasi masih ada beberapa dan bukan hanya SPBU. Tetapi kami tidak bisa mengatakan dimana yang akan diawasi selanjutnya karena namanya pengawasan, sifatnya dadakan dan tanpa pemberitahuan,”jelasnya.

Ditambahkan, pengawasan Kemetrologian dilakukan, bisa berdasarkan perencanaan yang dilakukan tim pengawasan, bisa atas perintah pimpinan, dan bisa karena adanya aduan dari masyarakat atau bisa juga karena menindaklanjuti sebuah fenomena terkait metrologi yang terjadi dimasyarakat.

Kegiatan pengawasan tersebut dipimpin langsung oleh kepala Dinas Perindag Kota Baubau H. Laode Ali Hasan, SE. M. Si., didampingi Sekretaris Dinas, pengawas metrologi Hasan Hesti SE dan penera ahli metrologi kota Baubau Wa Ode Linuria HS. Marto, ST.

PPID UTAMA BAUBAU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *