Tak Berkategori

Pemkab Bombana Louncing Program Gerakan Pangan Murah Nasional

×

Pemkab Bombana Louncing Program Gerakan Pangan Murah Nasional

Sebarkan artikel ini

Bombana, suarakendari.com- Pemerintag kabupaten Bombana melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bombana melakukan launching Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak Nasional dalam rangka Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan, bertempat di RTH EX-MTQ Kabupaten Bombana yang dihadiri oleh seluruh Kepala OPD, Sekda Bombana, Kajari Bombana, Kapolres Bombana dan Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Bombana, Senin (26/6/2023).

GPM Serentak Nasional digagas oleh Badan Pangan Nasional dan dilakukan di semua titik di Indonesia untuk bisa menjangkau hingga ke pelosok nusantara. Launching GPM Serentak Nasional dilakukan secara resmi oleh Mendagri bersama-sama Menteri Perdagangan, Kepala Badan Pangan Nasional, Wakil Menteri BUMN, Staf Ahli Menteri Keuangan, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Deputi Kemenko Perekonomian, Perwakilan dari Kementerian Pertanian, Perwakilan dari Provinsi DKI Jakarta, Dirut Bulog dan Dirut ID Food yang digelar terpusat di Hotel Borobudur, Jakarta.

Kegiatan ini juga sejalan dengan amanat Peraturan Pemerintah RI Nomor 68 Tahun 2002 tentang Ketahanan Pangan yakni pemerintah (pusat maupun daerah) perlu melakukan pengendalian harga khususnya terhadap pangan tertentu yang bersifat pokok untuk menghindari terjadinya gejolak harga yang berakibat resahnya masyarakat seperti keadaan darurat yang meliputi bencana alam, konflik sosial dan paceklik yang berkepanjangan.

Menurut Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi, tujuan program GPM untuk menjaga stabilitas harga pangan di tingkat konsumen sehingga laju inflasi terjaga. Beliau menyebutkan pada bulan Mei 2023, inflasi dalam negeri terjaga di level 4 persen year on year (YoY). Menurutnya hal ini turut disumbang lantaran harga pangan di tingkat konsumen terpantau stabil.

“GPM serentak pada hari ini dilaksanakan bersama-sama kompak dan serempak di 342 titik di 301 kabupaten/ kota seluruh Indonesia. Saya sangat mengapresiasi gelora dan semangat yang luar biasa dari seluruh kabupaten/ kota yang turut berpartisipasi dalam acara hari ini” ungkapnya.

Selain itu, Pj. Bupati Bombana dalam hal ini diwakili oleh Sekda Bombana Drs. Man Arfa, M.Si mengatakan dengan adanya GPM ini diharapkan masyarakat Bombana dapat terbantu terlebih ini menjelang hari raya Idul Adha.

“Saya harap dengan hadirnya GPM ini, masyarakat khususnya yang ada Ibu Kota Kabupaten Bombana dapat terbantu mengingat lebaran Idul Adha sudah dekat, otomatis harga bahan pokok juga cukup meningkat” tutur Sekda Bombana.(Hun)

📸 Kominfos bombana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *