Peristiwa

Pemda Koltim Optimis Raih Juar Satu Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun Ini

×

Pemda Koltim Optimis Raih Juar Satu Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun Ini

Sebarkan artikel ini

KOLTIM, suarakendari.com-Desa Mulia Jaya Kecamatan Dangia, menjadi perwakilan Kabupaten Koltim pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Sultra tahun ini.

Optimis ini disampaikan Bupati Koltim Abd Azis SH MH saat menerima Ketua Tim Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Sultra Dr Ir I Gede Panca MPd dan rombongan, di Kantor Desa Mulia Jaya, Selasa (21/5/2024), dalam rangka penilaian lomba desa tingkat Provinsi Sultra Tahun 2024.

Hadir pula antara lain, Kapolres Koltim AKBP Yudhi Palmi DJ SIK MSi, Sekda Koltim Andi Muh. Iqbal Tongasa SSTP MSi, Ketua TP. PKK Koltim Hartini Azis AMa,, Forkopimda, TNI-Polri, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat/Bagian, Sekretaris Dewan, Kepala Desa Se Kec Dangia, serta ratusan masyarakat setempat

”Kita semua berharap agar tahun ini, kita bisa mendapatkan yang terbaik. Lomba desa ini juga bertujuan dapat meningkatkan motivasi kerja pemerintah desa, dalam mendorong kemajuan desa serta terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa dapat dikenali dan dipublikasikan. Upaya ini tidak hanya berkenan dengan peningkatan kualitas pelayanan masyarakat, namun juga kemampuan memperkuat dan menjaga stabiltas ekonomi dan sosial dalam menghadapi berbagai tantangan dan dinamika yang terjadi saat ini dan dimasa yang akan datang,” ucap bupati dalam sambutannya.

Tantangan yang akan dihadapi desa dan Kelurahan kedepannya lanjut bupati, akan semakin besar dimungkinkan semakin banyak tenaga asing dan produk asing yang akan masuk dan bersaing dengan produk lokal, langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan membekali masyarakat melalui pengetahuan dan skill, karena untuk dapat mengelola sumber daya alam yang baik tentunya diperlukan sumber daya manusia yang berkompeten, inovatif, dan kreatif.

Bupati menyebut, lomba desa dan kelurahan 2024 ini mengusung tema “Wujudkan masyarakat sejahtera melalui belanja desa dan kelurahan yang berkualitas” ”Semoga keikutsertaan kita melalui kegiatan lomba desa ini, diharapkan dapat secara langsung memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas belanja desa yang selanjutnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi dan kreativitas pemerintah desa dalam bingkai gerakan membangun dan melayani masyarakat Kolaka Timur atau dengan akronim GEMAS Koltim,” tutup bupati.

Sedang Ketua tim penilai yang juga Kadis PMD Sultra Dr I Gede Panca, menyampaikan, jika lomba desa ini merupakan salah satu egiatan Yayng diamanatkan oleh Kementrian Dalam Negeri, yang tertuang dalam Peraturan Menteri khusus mengatur evaluasi kepala desa dalam hal ini lomba desa dan Kelurahan.

”Saya tadi mendengar bahwa, Desa Mulia Jaya ini, adalah desa yang sudah bisa dikatakan esa digital karena mempunnyai Website. Sehingga nantinya, tim penilai akan menilai dokumen-dokumen yang disiapkan oleh kawan-kawan di desa ini, bisa dibuka melalui Website Desa Mulia Jaya apakah itu APBD Desanya, LKPD Desa dan Lain-lain termaksud peraturan-peraturan kegiatan didesa,” Ucapnya.

Pada kesempatan ini, bupati juga menyerahkan pendistribusian SPPT PBB-P2 Secara simbolis kepada 3 Desa di Kecamatan Dangia, yakni Desa gunung Jaya, Wande dan Mulia jaya oleh Badan Pendapatan Daerah Koltim. (Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!