Kultur

Menghidupkan Kembali Pranata Budaya Tolaki di HUT Kota Kendari ke 192

×

Menghidupkan Kembali Pranata Budaya Tolaki di HUT Kota Kendari ke 192

Sebarkan artikel ini
Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu ikut serta molulo bersama penari lokal di HUT Kota Kendari ke 192. Dokumen foto Prokopim Kendari

Kendari, suarakendari.com-Ada yang berbeda dari pagelaran hajatan Hari Ulang Tahun Kota Kendari  tahun ini, dimana dihidupkannya kembali atraksi budaya tolaki sebagai pranata budaya lokal terbesar di wilayah daratan. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang lebih banyak menonjolkan kegiatan seremoni, namun diera Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu.,AP.,M.Si kegiatan kebudayaan lokal lebih banyak dipertontonkan.

Diantara kegiatan budaya yang digelar yakni lomba mombesara atau pelaksanaan adat hingga lomba molulo. Pada kegiatan ini Pj. Wali Kota hadir secara langsung menyaksikan pelaksanaan Lomba Molulo pada pagelaran seni dan budaya dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari ke-192. Pada gelaran yang dilaksanakan di Tugu Religi Sulawesi Tenggara, tampak Pj. Wali Kota Kendari bersemangat mengikuti gerakan lulo bersama para peserta, Kamis (4/5).

Pj. Wali Kota Kendari dalam kesempatannya menyampaikan sejumlah pakem yang mesti diperhatikan dalam mempraktikkan lulo sebagai tarian tradisional suku Tolaki. Sejumlah aturan tersebut berupa cara bergabung ke dalam barisan lulo. Selain itu, aturan baku yang mesti diperhatikan berdasarkan historis adalah hendaknya tidak boleh memutus gandengan pria dan wanita. “Diharamkan memutus gandengan kalau di barisan itu bergandengan antara laki-laki dan perempuan. Di tahun 90-an dulu itu, urusannya bisa panjang. Bahkan sampai ada pertumpahan darah.”jelasnya.

Diketahui, lomba lulo tersebut diikuti oleh perwakilan seluruh kecamatan yang berada di Kota Kendari. Dalam ajang ini, Kecamatan Baruga menjadi peraih Juara I, Kecamatan Wua-Wua sebagai juara II, dan Kecamatan Kadia meraih juara III, Juara IV diraih Kecamatan Mandonga, Juara V dimenangkan oleh Kecaman Abeli dan Kecamatan Poasia berada di Juara VI. Nantinya peraih juara I akan mendapatkan kesempatan untuk bisa tampil pada puncak peringatan HUT Kota Kendari pada 12 Mei mendatang. SK

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *