Bangun Negeri

Mengenal Aplikasi DISATUKAN-ASN yang Diluncurkan Pemkab Koltim

×

Mengenal Aplikasi DISATUKAN-ASN yang Diluncurkan Pemkab Koltim

Sebarkan artikel ini
Kegiatan peluncuran aplikasi DISATUKAN-ASN oleh Pemkab Kolaka Timur, Rabu 22/11/2023

Kolaka Timur, suarakendari.com-Sudah menjadi rahasia umum bahwa administrasi pemerintahan memerlukan waktu, tenaga, dan biaya yang sangat besar. Terkadang, proses pengelolaan maajemen sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu, pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) berinisiatif menghadirkan aplikasi DISATUKAN-ASN untuk memudahkan proses pengelolaan manajerial ASN di daerah mereka. Hingga kini, aplikasi tersebut telah resmi diluncurkan oleh Sekretaris Daerah Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi pada Rabu (22/11/2023) lalu.

Aplikasi DISATUKAN-ASN ini berfokus pada proses pendigitalisasian informasi standar kompetensi jabatan ASN, yang meliputi persyaratan kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural untuk jabatan pimpinan tinggi, jabatan administrator, jabatan pengawas, serta jabatan fungsional di lingkup Pemerintah Kabupaten Koltim. Dengan demikian, pengelolaan ASN menjadi lebih terstruktur, efektif, dan efisien.

Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi mengharapkan aplikasi DISATUKAN-ASN ini akan menjadi pedoman dalam rangka mewujudkan mekanisme penataan dan penempatan ASN. Aplikasi ini juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam pelaksanaan proses mutasi dan promosi ASN nantinya, yang dapat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh ASN serta berdasarkan pada kebutuhan dari organisasi.

Dalam sambutannya, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi juga menekankan peran penting dari aplikasi DISATUKAN-ASN dalam mengoptimalkan kinerja organisasi Badan Kepegawaian Dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kolaka Timur, khususnya dalam penerapan manajemen ASN yang berbasis sistem merit, serta pemerintahan yang baik atau Good Governance di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.

”Selain itu, dengan penerapan Aplikasi DISATUKAN-ASN ini, diharapkan dapat lebih mengoptimalkan kinerja organisasi Badan Kepegawaian Dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kolaka Timur khususnya dalam penerapan manajemen ASN yang berbasis sistem merit, serta pemerintahan yang baik atau Good Governance di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur,” harap sekda.

Dengan adanya aplikasi DISATUKAN-ASN ini, diharapkan proses administrasi pemerintah menjadi lebih efektif dan efisien. Pemda Koltim juga berharap, aplikasi ini dapat dijadikan contoh bagi pemerintah daerah lainnya untuk menghadirkan inovasi yang dapat memudahkan pengelolaan Aparatur Sipil Negara di daerah masing-masing. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *