Peristiwa

Masyarakat Wiawia Keluhkan Hama Wereng, Pemda Koltim Turun Tangan

×

Masyarakat Wiawia Keluhkan Hama Wereng, Pemda Koltim Turun Tangan

Sebarkan artikel ini

Koltim, suarakendari.com-Hama Wereng Cokelat yang menyerang tanaman padi milik Masyarakat Desa Wia-Wia Kecamatan Poli-Polia, sangat meresahkan.

Atas hal itu, Pemda Koltim melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak), langsung turun membantu mengendalikan hama tersebut.

Kadis Tanak Koltim Ridwan SPi MSi menyampaikan, pelaksanaan pengendalian hama wereng cokelat ini dilakukan, dengan penyemprotan terhadap hama yang menyerang padi secara serentak oleh anggota kelompok tani secara bergotong-royong.

“Jadi, petugas kita datang dengan membawa racun insektisida, sementara anggota kelompok tani menyiapkan alat penyemprotnya berupa Hand Sprayer. Lalu, dilakukan penyemprotan secara serentak, dan biasanya dilakukan pada sore hari seperti hari ini,” ujar Ridwan, Kamis (5/10/2023).

Dijelaskan Ridwan, racun yang diberikan ke kelompok tani ini, memang tidak diberikan per kemasan kapada petani, tetapi sesuai kebutuhan dilapangan. Dengan demikian lebih efektif dan efisien, sebab tidak ada racun tersisa yang tidak digunakan oleh petani. Karena sisa yang ada diberikan kembali ke kelompok lainnya yang membutuhkan.

“Dalam dalam minggu ini, penyemprotan seperti ini kita sudah dilaksanakan dua kali dalam satu minggu ini. Yakni, Tanggal 30 September kemarin dilaksanakan dengan pola yang sama di Kecamatan Ladongi,” tutupnya. (Diskominfo Koltim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *