Kultur

Kemeriahan Pekan Kebudayaan Daerah di Kota Kendari

×

Kemeriahan Pekan Kebudayaan Daerah di Kota Kendari

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Melestarikan permainan tradisional sebagai nilai budaya bangsa dan kearifan lokal, Pemerintah Kota Kendari menggelar Pekan Kebudayaan Daerah.

Kegiatan ini diisi dengan sejumlah lomba olahraga tradisional seperti Egrang atau masyarakat tolaki menyebutnya Metinggo dan Gala Asin (Gobak Sodor), lomba terompah dan lari balok. Lomba dimulai dengan eksebisi lomba Gasing atau Mehule.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Kendari, Sekretaris Daerah Kota Kendari dan sejumlah pejabat memainkan gasing dan saling beradu.

Gelak tawa para pejabat mengisi permainan gasing yang sudah lama mereka tidak mainkan. Tak hanya gasing, Pj Wali Kota Kendari juga mencoba memainkan egrang atau Metinggo, namun sayang Asmawa selalu gagal memainkan, bahkan hingga membuka sepatu, namun tetap juga gagal.

Dengan gagahnya Asmawa Tosepu mencoba memainkan Gasing dengan penuh tawa, namun saat mengoperasikan Metinggo (Engrang) berkali-kali ia terjatuh bahkan melepas sepatunya untuk mencoba bermain namun tetap gagal.

Asmawa Tosepu juga mengatakan bahwa permainan ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk mengangkat nilai nilai budaya yang ada di kota Kendari.

“Kembali lagi kita ingin mengingatkan saja kepada anak anak kita terutama generasi muda bahwa ada kegiatan yang tradisional yang bisa lebih murah, lebih mudah didapatkan di lingkungan masyarakat,” katanya, Selasa (12/12/2023).

Orang nomor satu di Kota Kendari ini juga mengungkapkan, seperti kita ketahui bahwa hasanah kebudayaan di Kota Kendari sangat kaya dengan nilai-nilai moral yang sangat besar dari diri kita.

“Oleh karena itu, saya berharap terciptanya sumber daya akan hadirnya SDM-SDM yang berkualitas dengan menjunjung tinggi nilai adat dan budaya,” ungkapnya.

Selain itu, Kepala Biro Umum Kemendagri ini juga mengatakan, dengan demikian kualitas dan kebudayaan harus seimbang perannya antara bagaimana pendidikan sekolah formal dan diluar sekolah luar formal itu sendiri.

“Melalui untuk terus menanamkan nilai-nilai kebudayaan kepada regenerasi penerus, yang saat ini sedang mengenyam di dunia pendidikan,”pungkasnya.

Untuk diketahui pelaksanaan Pekan Kebudayaan Daerah Kota Kendari Tahun 2023 dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 12-13 Desember 2023. Kegiatan ini mempertandingkan beberapa jenis lomba yakni, Terompah panjang, lomba lari balok, Lomba lari enggrang, asin galah, tarian lulo, dan fashion show. SM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *