Peristiwa

Kapolda Resmikan Kantor Unit Satwa Ditsamapta Polda Sultra

×

Kapolda Resmikan Kantor Unit Satwa Ditsamapta Polda Sultra

Sebarkan artikel ini

KENDARI, suarakendari.com – Kepala Kepolisia. Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Dwi Irianto, bersama Penjabat (Pj) Walikota Kendari Muhammad Yusuf meresmikan Kantor Unit Polisi Satwa (K-9) Direktorat Samapta Polda Sultra, Rabu (22/5/2024).

Peresmian Kantor Unit Satwa tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti disaksikan oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Sultra.

Kantor Unit Satwa Ditsamapta Polda Sultra berdiri di atas lahan seluas 9000 meter, luas bangunan 15 X 40 meter dan di bangun oleh anggaran Pemkot Kendari senilai Rp 5,2 Milyar tahun 2023.

Polisi Satwa (K-9) memiliki tugas pokok melaksanakan fungsi kepolisian dalam tugas represif (penindakan) terhadap pelanggaran hukum atau gangguan Kamtibmas dengan beragam kasus tertentu yang tak bisa dilakukan manusia biasa. Di antaranya adalah melacak pelaku kejahatan, mencari orang tersesat, mengendalikan massa dan kerusuhan, mendeteksi obat atau bahan peledak tersembunyi dan sebagainya. Tak jarang, keberadaannnya juga sering dipakai untuk perang psikologi alias menakut-nakuti para pelaku kejahatan.

Kapolda Sultra Brigjen Pol Dwi Irianto mengatakan peresmian Kantor Unit Polisi Satwa kali ini untuk menunjang kinerja para personelnya.

“Peresmian Kantor Unit Satwa untuk menunjang kinerja para personel K-9 dalam menangani setiap permasalahan,” tutur Brigjen Pol Dwi Irianto.

Selain meresmikan Kantor Unit Satwa Kapolda Sultra bersama Pj Walikota Kendari juga meninjau kandang anjing yang ada dalam gedung.

Kapolda Sultra menambahkan peresmian gedung itu, merupakan salah satu bentuk peningkatan infrastruktur dan sarana prasarana Ditsamapta Polda Sultra dalam hal menunjang pelaksanaan tugas pelayanan masyarakat.

“Di manapun kehadiran kita harus dapat membawa dan memberikan jejak yang positif dengan tujuan untuk menciptakan tempat kerja yang sehat dan bagus. Jadi bisa mendongkrak semangat kerja para personel,” imbuh Kapolda Sultra.

Sementara itu, Pj Walikota Kendari Muhammad Yusuf menjelaskan peresmian Kantor Unit Satwa Ditsamapta Polda Sultra adalah bentuk kepedulian dan kerjasama Pemerintah Kota terhadap Institusi Polri khususnya Polda Sultra.

“Kami bangunkan gedung melalui APBD, kemudian kami hibahkan ke Polda Sultra guna menunjang kegiatan operasional di lapangan,” ujar Muhammad Yusuf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!