Peristiwa

Kain Tenun Tolaki Tampil di Amerika

×

Kain Tenun Tolaki Tampil di Amerika

Sebarkan artikel ini

Kain tenun Tolaki merambah dunia, ditampilkan untuk pertama kalinya di acara wisuda Columbia  University, New  York, USA.

Seperti posting diakun media social Wonua Momahe,  kain ini dikenakan oleh salah satu wanita hebat Tolaki berdarah murni yaitu Citra H. Nasrudin yang merupakan saudara drg. Yunita Nasrudin  seorang Selebgram Kendari dan pengusaha di Jakarta.

“Dia adalah salah satu wanita hebat asli Tolaki darah murni (Asinua-Ranomeeto) dan merupakan satu satunya wanita Sultra sampai saat ini yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Columbia, New York, USA dan merupakan salah satu universitas bergengsi didunia tempat dimana orang orang hebat didunia menimba ilmu,”tulis postingan tersebut

Beberapa orang hebat yang pernah mengenyam pendidikan disini adalah presiden Barack Obama, presiden Theodore Roosevelt, presiden Franklin Roosevelt, Cinta Laura, dan beberapa pemenang hadiah Nobel yang jumlahnya 46 orang.

*Foto pertama di kampus UC, USA
*Foto kedua yaitu foto wisuda dengan kain tenun Tolaki di UC, USA.
*Foto ketiga yaitu caption saat memakai kain tenun Tolaki.

Terjemahan caption (rangkuman)
“Pada hari wisuda ku saya memakai kain tradisional Tolaki yang bermotif Tariwadi yang memiliki makna pepokoasoa. Kain ini saya kenakan untuk menghormati kedua orang tuaku dan juga untuk menunjukkan dimana saya berasal dan saya merupakan salah satu suku Tolaki berdarah murni yang ada di Indonesia tepat nya di Sulawesi tenggara”

Mabarakano Wuta Tolaki !!!
Salam mepokoaso !!!

Ayok bangga menggunakan tenun Tolaki !!! Kalau bukan kita yg memperkenalkannya siapa lagi.

Naskah dan Foto dikutif dari akun FB Wonua Momahe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!