Bangun Negeri

Iriana Jokowi Buka Pameran Dekranas, Bombana Perkenalkan Tenun Motif Baru

×

Iriana Jokowi Buka Pameran Dekranas, Bombana Perkenalkan Tenun Motif Baru

Sebarkan artikel ini

Jakarta, suarakendari.com — First lady Indonesia Iriana Joko Widodo didampingi istri Wakil Presiden Ny Hj Wury Ma’ruf Amin membuka pameran nasional Kriyanusa di Jakarta Convention Center, Rabu (13/9/2023).

Iriana Jokowi adalah Ketua Dewan Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), sedangkan Hj Wury Ma’ruf Amin sebagai Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional.

Kriyanusa adalah nama pameran produk-produk dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah dari seluruh nusantara. Semua provinsi dan kabupaten atau kota memerkan produk khas dan andalannya.

Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak ketinggalan memamerkan produk khas dan kerajinan daerah. Salah satu yang ditampilkan adalan kain tenun dengan motif baru hasil pengembangan.

Motif baru itu, berupa kepala kuda. Dahulu kala, kuda adalah alat transportasi masyarakat Bombana. Selain itu, juga merupakan sarana untuk dipakai dalam peperangan dan kegunaan pertanian serta kehutanan. Philosofi hewan ini diangkat dalam motif baru kain tenun khas Bombana.

Rangkaian acara Kriyanusa 2023 antara lain fashion show, jual beli produk kerajinan, dan lomba-lomba serta hiburan. Di akhir acara akan digelar Dekranasda Award, yaitu penghargaan kepada Dekranasda terbaik dalam berbagai kategori.

Bombana dalam Kriyanusa 2023 ini mengikuti seluruh rangkaian acara. Motif baru yang diperkenalkan ditampilkan dalam fashion show dengan model Ketua Dekranasda Sultra Dra Hj Waode Munanah Asrun Lio.

Selain mengenakan busana motif khas kepala kuda, Ketua Dekranasda Sultra memakai aksesories kalung motif Buburi Pererei. Yaitu Buburi Wuakina, Buburi Ruruho Petumbu,dan motif pengembangan “rapa dara” atau kepala kuda.

Kepala kuda memiliki filosofi masa lampau yang sampai saat ini masih menjadi rujukan untuk kehidupan di tengah masyarakat untuk saling menghargai, menghormati, menjaga martabat daerah, mendapat perlindungan dan keselamatan dari segala hal buruk.

Dalam sambutan pembukaan Kriyanusa 2023, Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin mengatakan, pameran ini adalah sarana yang tepat untuk mempromosikan karya-karya perajin Indonesia.

“Ini wadah yang tepat untuk mempromosikan karya-karya menakjubkan perajin Indonesia,” katanya.

Pembina Dekranas yang juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo membuka Kriyanusa 2023 dengan pemukulan rebana bersama anggotanya. Ia pun menyambut positif kehadiran Kriyanusa 2023 yang merupakan ruang promosi produk kerajinan hasil perajin seluruh nusantara

Ketua Dekranasda Sultra Dra Wa Ode Munanah pada pembukaan Kriyanusa 2023 itu terlihat mengenakan baju bermotif pengembangan kepala kuda Kabupaten Bombana serta motif bros, aksesoris, kalung bermotif Buburi pererei.

Sementara Ketua Umum Dekranasda Bombana Hj Fatmawati Kasım Marewa, S.Sos yang juga menjabat Plt Ketua TP PKK Kabupaten Bombana berjanji melaksanakan dan menindaklanjuti saran dan konsep yang disampaikan Ketua Umum Dekranasda Hj Wury Ma’ruf Amin.

“Insya Allah apa yang disampaikan oleh Ketua Umum Dekranas akan kita tindaklanjuti di Bombana. Konsep dan ide-idenya sangat bagus untuk pengembangan produk-produk kerajinan,” kata Fatmawati di sela-sela acara. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *