Environment

Bersama Tanam Pohon di Hari Pemuda

×

Bersama Tanam Pohon di Hari Pemuda

Sebarkan artikel ini
Kapolres Konawe Selatan, AKBP Erwin melakukan kegiatan penanaman pohon di pegunungan puupi, kecamatan kolono, Kabupaten Konawe Selatan, 28 Oktober 2021 demi melestarikan kawasan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan KPA Bripala Green. Dokumentasi foto: Sul Bripala Green
Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid Sos melakukan kegiatan penanaman pohon di pegunungan puupi, kecamatan kolono, Kabupaten Konawe Selatan, 28 Oktober 2021 demi melestarikan kawasan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan KPA Bripala Green. Dokumentasi foto: Sul Bripala Green

Kepedulian pada lingkungan ditunjukkan Kelompok Pencinta Alam (KPA) Bripala Green dengan melakukan aksi menanam  pohon di pegunungan puupi, Kecamatan Kolono, Konawe Selatan.  Aksi penanaman bibit pohon ini bertepatan perayaan sumpah pemuda 28 oktober 2021 dengan menanami areal kritis kawasan tersebut.

KPA Bripala Green bersama Kapolres Konsel, AKBP Erwin, Wakil Bupati Konsel, Rasyid SSos MSi, Kadis Pariwisata Konsel Adiwarsa Toar dan sejumlah komunitas melakukan aksi penanaman bibit pohon sebagai upaya mengijaukan kembali kawasan tersebut.

Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid, SSos  memuji langkah komunitas. “Ini wujud dari kepedulian pemerintah bersama kelompok pencinta alam di konawe selatan dalam upaya melestarikan lingkungan,”kata Rasyid yang juga pembina /penasehat Bripala Green.

Secara serentak berbagai jenis tanaman pelindung di tanam di lubang tanam yang telah disediakan di pinggiran gunung yang kenal curam tersebut. Bibit pohon  yang ditanam merupakan sumbangan suka rela dari rumah bibit di Desa Anduna, Kecamatan Laeya sebanyak 100 bibit pohon.

Foto bersama peserta sesaat sebelum melaksanakan kegiatan penanaman pohon. Dokumentasi foto: Sulkifli/Bripala Green

Anca, Ketua Bripala Green menjelaskan, kegiatan penanaman pohon adalah rangkaian dari sejumlah kegiatan memperingati hari sumpah pemuda tahun 2021 ini. “Di perayaan hari pemuda ini,  Kami punya beberapa kegiatan seperti; kemah bersama komunitas, malam renungan, upacara bendera dan penanaman pohon bersama pemda dan kepolisian,”jelas Anca.

Kegiatan bakti social dan pelestarian lingkungan akan terus dilakukan Bripala Green sebagai bakti terhadap negeri di masa masa mendatang. “Kami selalu  berharap dari gotong royong menanam pohon yang Kami laksanakan turut memberikan sumbangsi pada perbaikan lingkungan di Konawe Selatan  agar  kelestarian alam dinikmati anak cucu,”harapnya.

 Kemah Bersama

Sebelum melakukan penanaman pohon, anggota KPA bersama wakil bupati yang juga sebagai Senior, Pembina dan Penasehat KPA Bripala Green melakukan kemah bersama di puncak puupi. Terdapat sekitar 26 tenda yang digunakan para peserta. Lokasi yang eksotis di puncak gunung menjadi pilihan tepat kegiatan haul Bripala tahun ini.

Sejumlah kegiatan dihelat sebagai wujud menapak tilas pembentukan Bripala  Green yang kini menapaki usia 34 tahun.  Kegiatan api unggun dan membacakan sejarah singkat Bripla Green menjadi puncak dari kegiatan di malam hari. Terdapat puluhan aktifis dan pemuda yang berpastisipasi di kegiatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!