Environment

Berkah Ubur-ubur di Laut Konsel

×

Berkah Ubur-ubur di Laut Konsel

Sebarkan artikel ini
nelayan pesisir konsel memanfaatkan hasil laut untuk kelangsungan kehidupan ekonomi mereka. foto: Joss

Ribuan ubur-ubur yang mengambang di laut Desa Batu Putih, Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan. Anak-anak desa pun menyambut dengan sumbringah. Anak anak yang hanya menggunakan kolor ini telah berkumpul di ujung dermaga. Ada yang memegang sauh, ada pula yang menyiapkan ember. Sesaat kemudian melompat masuk ke dalam laut.

Hari itu adalah momen yang  sangat dinanti, setelah menunggu sekian bulan untuk berburu ubur-ubur. Laut yang tenang membuat mereka bersemangat.  Dengan cekatan mereka mulai mengumpulkan ubur-ubur dan memasukkan ke dalam ember. Ubur-ubur hasil buruan kemudian dijual ke pemilik karamba untuk dijadikan pakan ikan dengan harga 1000 rupiah per kilo.

“Lumayan, bisa menutupi kebutuhan sehari-hari,”kata Imran, warga Kolono Timur.

Ubur-ubur tak hanya untuk pakan ikan, perusahaan membeli ubur-ubur untuk bahan kosmetik dan biasanya diekspor ke Jepang dan China. Tentunya ubur-ubur yang dikirim yang memiliki kualitas baik.

Nelayan kolono timur yang siap melaut berburu ubur ubur. foto: Joss

Di Kecamatan Kolono dan Kolono Timur terdapat dua orang pengumpul ubur-ubur. Mereka membeli dari nelayan-nelayan sekitar kolono, kolono timur hingga dariluar perairan konawe selatan seperti tampo Muna dan torobulu.

Warga mengaku, saat ini bisnis ubur ubur sangat digandrungi warga karena  memiliki  prosepek pasar yang cerah. Semula saya tidak percaya kalau seember ubur-ubur memiliki harga yang tinggi di pasaran. Ternyata bisa seharga motor ninja,”ungkap Imran, sumbringah.  Karena itu saat musim ubur-ubur tiba banyak nelayan turun melaut untuk berburu ubur-ubur.

Musim Ubur-Ubur

Desember adalah fase peralihan musim sekaligus akhir dari perjalanan panjang ubur-ubur. Binatang tanpa tulang belakang ini akan hilang bersamaan tibanya musim barat. Ubur-ubur termasuk dalam filum Cnidaria, ubur-ubur yang dimaksud disini adalah hewan dari kelas Schypozoa, sehingga sering disebut ubur-ubur sejati agar tidak dibingungkan dengan hewan lain yang juga disebut ubur-ubur seperti: Ctenophora dan Cubozoa.

ubur ubur terdampar dipinggir laut. foto: Joss

Pertanian organik kini sudah jadi lebih populer berkat permintaan masyarakat akan produk-produk organik. Masalahnya adalah soal pupuk, di mana pertanian biasa memperkuat tanaman dari gulma dan menghasilkan panen yang tinggi dengan pupuk kimia dan herbisida. Akhirnya, muncullah pupuk ubur-ubur yang jadi solusi akan masalah tersebut. Serat ubur-ubur kering merupakan pupuk organik yang meningkatkan kandungan gizi tanah dan dapat menghambat pertumbuhan gulma. Di Jepang, hasil panen dari sawah dipupuki dengan “keripik ubur-ubur” yang merupakan sebutan dari serat ubur-ubur kering, dan hasilnya mampu setinggi pertanian dengan pupuk kimia, tapi tetap organik.

Keripik ubur-ubur ini juga telah digunakan untuk meremajakan hutan di Korea Selatan setelah kasus kebakaran hutan. Tak cuma itu, ini juga digunakan untuk meningkatkan kadar air dan nutrisi sebelum bibit baru ditanam.

Potongan plastik mikroskopik atau dikenal sebagai mikroplastik adalah masalah lingkungan yang baru terjadi dan besar belakangan ini. Salah satu sumber mikroplastik adalah microbeads, sebuah bola plastik kecil yang bisa kita temukan di sabun muka atau gel mandi kita. Kini, bahan ini sudah dilarang di beberapa negara. Tak cuma dari sabun, mikroplastik juga datang dari pemecahan serat sintetis ketika baju dicuci di mesin cuci. Akhirnya berdasarkan keresahan ini, lahirlah proyek GoJelly. Proyek ini menggunakan ubur-ubur karena terbukti salah satu spesies ubur-ubur berikatan dengan mikroplastik ini. Kebetulan juga ubur-ubur dengan spesies tertentu ini overpopulasi. Yang harus dilakukan adalah membuat biofilter dari ubur-ubur dan limbah pabrik yang mengandung mikroplastik diarahkan ke filter tersebut. Jadi limbah mikroplastik tak terlanjur lepas ke perairan kita.

Air mata palsu mungkin dibutuhkan untuk para aktor dan aktris untuk beradegan menangis. Namun air mata palsu punya kegunaan jauh lebih dari itu: menjaga mata tetap lembap bagi mereka yang punya mata kering. Air mata palsu ini bisa didapatkan dari jerohan ubur-ubur, di mana protein yang paling lazim ada dalam ubur-ubur adalah mucin, di mana ini adalah rantai protein panjang yang mengandung karbohidrat yang dapat mempertahankan kelembapan. Selain itu, ubur-ubur menggunakan mucin untuk membersihkan diri dan melawan predator. Ternyata, manusia pun menghasilkan mucin untuk alasan yang sama. Jadi, bagi mereka yang memiliki mata kering, mucin dari ubur-ubur ini bisa menjaga bola mata tetap lembap. Mucin sendiri sudah digunakan di industri kesehatan dan kecantikan.

Popok adalah salah satu masalah lingkungan. Pasalnya satu buah popok saja membutuhkan waktu ratusan tahun untuk biodegradasi. Akhirnya, bermodal keresahan tersebut ditambah overpopulasi ubur-ubur di Israel, seorang perusahaan Israel membuat sebuah popok biodegradable dengan menggunakan ubur-ubur. Seorang ilmuwan material bernama Shachar Richter, menemukan bahwa daging ubur-ubur mampu menahan cairan dalam jumlah besar tanpa melarutkannya. Akhirnya khasiat absorpsi yang baik ini dialokasikan menjadi material baru bernama Hydromash.

Pembuatan popok ini namun cukup rumit. Pertama daging ubur-ubur dipecah terlebih dahulu dan mencampurnya dengan nanopartikel antibakteri. Nantinya bahan ini bisa digunakan ke popok bayi serta dewasa, produk kebersihan wanita, serta perban medis. Hydromash dapat terdegradasi selama 30 hari saja.

Sayang harga ubur-ubur lagi lagi di tingkat nelayan masih dibeli dengan harga murah. Tapi tidak ada pilihan bagi nelayan selain menjual  dengan harga murah.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi ubur-ubur bagi kesehatan:

  1. Mencegah asma

Penyakit asma cukup banyak terjadi pada anak-anak, bahkan bayi. Konsumsi ubur-ubur sebagai obat tradisional dapat menurunkan risiko perkembangan penyakit asma. Ubur-ubur mengandung senyawa khusus yang bisa menurunkan risiko asma dan bisa dikonsumsi sejak bayi masih dalam kandungan.

  1. Baik untuk ibu hamil

Studi menunjukkan, ubur-ubur memiliki agen pelindung yang memberikan manfaat sehat bagi ibu hamil. Ubur-ubur yang kaya akan protein akan bermanfaat bagi pertumbuhan bayi yang dikandung.

Ibu hamil yang mengonsumsi ubur-ubur dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kelahiran prematur, dan dapat membantu meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan.

  1. Untuk diet

Ubur-ubur ternyata banyak mengandung berbagai sumber nutrisi yang bisa membuat tubuh lebih sehat dan bertenaga. Konsumsi ubur-ubur juga sangat disarankan untuk orang yang sedang melakukan program diet.

  1. Kesehatan mata dan otak

Tubuh tidak memiliki mekanisme yang diperlukan untuk pemulihan sel-sel pada mata dan otak. Salah satu cara memperolehnya adalah melalui makanan. Nah, ubur-ubur mengandung senyawa penting untuk mata dan otak, yaitu asam lemak Omega-3.

  1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ubur-ubur setidaknya dua kali seminggu tidak memiliki masalah dengan pembekuan darah. Ubur-ubur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung zat asetikolin.

Zat ini bisa bekerja untuk membantu mencegah penyempitan pembuluh darah. Mengonsumsi ubur-ubur juga mengurangi kadar kolesterol tinggi pada pasien dengan masalah jantung.

  1. Mengatasi batuk berdahak

Konsumsi ubur-ubur yang sudah dimasak dengan cuka bisa membantu mengatasi penyakit batuk berdahak. Ubur-ubur mengandung senyawa aktif yang bisa memerangi semua bakteri dan bersifat membersihkan paru-paru.

Namun, sebaiknya hindari konsumsi ubur-ubur mentah karena mungkin saja masih mengandung bakteri yang bisa menyebabkan penyakit tertentu.

  1. Mengurangi risiko demensia

Ubur-ubur mengandung protein pengikat kalsium protein genetik alami yang bermanfaat untuk peningkatan memori. Protein ini penting seiring bertambahnya usia.

Lansia yang makan ubur-ubur dua kali seminggu tidak mudah terkena demensia dan penyakit lainnya yang umum menyerang lansia. Itu karena ubur-ubur mengandung zat yang dapat melindungi sel-sel otak.

  1. Peradangan dan mencegah keriput

Ubur-ubur biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan pada pasien dengan psoriasis atau penyakit peradangan lainnya. Ubur-ubur mengandung kolagen yang bermanfaat dalam pengobatan radang sendi dan membantu mencegah keriput pada kulit.

  1. Diabetes

Mengonsumsi ubur-ubur juga membantu mengatur kadar gula pada pasien penderita diabetes. Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi ubur-ubur dapat meningkatkan mood.

Kini ubur-ubur dapat masuk dalam salah satu menu makanan Anda. Akan tetapi, ingat, konsumsilah ubur-ubur dalam takaran yang cukup, diproses secara higienis, dan dimasak secara matang. Hal ini untuk mencegah kemungkinan Anda terkena masalah kesehatan di kemudian hari. SK

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *