Bangun NegeriAdvetorial

Bank Sultra Membangun Gedung Tower dengan Kepatuhan dan Transparansi

×

Bank Sultra Membangun Gedung Tower dengan Kepatuhan dan Transparansi

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com – Mewujudkan mimpi besar sekaligus meningkatkan layanan kepada masyarakat dan dunia usaha, Bank Sultra membangun Gedung Tower di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Dalam setiap tahap pelaksanaannya, manajemen Bank Sultra senantiasa mengutamakan kepatuhan dan mengimplementasikan langkah-langkah pencegahan korupsi sejak awal.

Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif, menjelaskan bahwa pembangunan Tower Bank Sultra melibatkan proses yang penuh perjuangan, memerlukan komitmen tinggi dari pimpinan Bank Sultra, seluruh jajaran, stakeholder, dan berbagai pihak terkait. Dalam pelaksanaannyapun Bank Sultra terus memastikan bahwa setiap tahapan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati.

Ia juga menambahkan bahwa Manajemen Bank Sultra telah melakukan upaya konkret untuk memastikan kepatuhan dalam pelaksanaan pembangunan tower ini termasuk mengajukan permintaan kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan review dan proses audit terhadap pembangunan Gedung Tower Bank Sultra.

Dari hasil review BPKP diketahui terdapat nilai temuan. Sehingga atas dasar itulah, maka pihak BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara meminta kepada pihak PPK agar melakukan pertanggungjawaban terhadap nilai temuan, untuk disetorkan kembali ke Kas Bank Sultra.

“Atas rekomendasi BPKP dimaksud, maka pihak PPK telah meminta kepada PT BA untuk menyelesaikan nilai temuan tersebut. Jadi pihak PT BA sudah menyelesaikan nilai temuan, dengan menyetorkan kembali ke Bank Sultra pada Bulan Desember 2021,” kata Abdul Latif, saat di kutip melalui keterangan tertulisnya, Kamis (1/2/2024).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pada Tahun 2022 yang lalu, BPK juga telah melakukan pelaksanaan terinci kepatuhan atas operasional bank pada PT BPD Sultra, untuk periode tahun buku 2021 sampai dengan semester I tahun 2022.

BPK juga memberikan rekomendasi hasil pemeriksaan untuk pekerjaan pembangunan Gedung Tower Bank Sultra sesuai LHP tentang Laporan Hasil Pemeriksaan Kepatuhan atas Operasional Bank.

“Atas nilai temuan tersebut, PT BA sudah melakukan penyetoran pengembalian sesuai rekomendasi BPK, tepatnya pada tanggal 8 Maret 2023, sehingga seluruh kelebihan pembayaran telah dikembalikan oleh PT BA ke kas Bank Sultra,” ungkapnya.

Dia mengakui, kini Gedung Tower Bank Sultra telah rampung dan tengah persiapan pengurusan sertifikat layak fungsi gedung, termasuk penataan halaman Gedung Tower Bank Sultra. Dengan harapan, sebelum beroperasi, semua telah rampung serta meminimalkan masalah-masalah dikemudian hari.

“Kehadiran tower Bank Sultra didukung sepenuhnya oleh pemilik bank, dengan tujuan membangun brand image Bank Sultra dan memenuhi kebutuhan operasional untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah dan masyarakat. Provisional Hand over (PHO) untuk pekerjaan pembangunan gedung tower sudah dilaksanakan, dimana pekerjaan sesuai kontrak telah diselesaikan, namun belum sepenuhnya dapat digunakan, karena masih memerlukan pekerjaan lanjutan,” tutupnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *