Jelajah

Baho Kampung Eksotis

×

Baho Kampung Eksotis

Sebarkan artikel ini

Baho sejatinya adalah sebuah perkampungan nelayan. Dulunya hanyalah lokasi persinggahan sementara para pencari ikan. Namun seiring waktu, pesisir kecil ini kini telah berubah menjadi sebuah perkampungan yang mulai ramai. Ini ditandai  dengan papan selamat datang di desa baho di bibir dermaga yang akan kita lihat saat menjejakkan kaki di dermaga desa baho. Pertanda keramahan penduduk yang siap menyambut Anda. Desa yang indah, sejuk (padahal di pinggir pantai) dan tenang.

Letak desa baho sekitar 30 km dari kota kendari di sisi selatan daratan sulawesi, tepatnya berseberangan dengan pulau hari.

Kampung ini terbilang kecil, dihuni tidak lebih dari 30 kepala keluarga dan memang hampir tidak mungkin dikembangkan lagi. Tidak ada cukup ruang berupa tanah datar yang tersisa. Selain berbataskan laut, desa ini juga dibatasi oleh bukit yang cukup terjal. Tentu saja sangat riskan mendirikan rumah di lereng bukit, walaupun ditumbuhi pohon pohon lebat.

Akses menuju pulau baho hanya lewat laut. selain memang terjal, hutan di balik bukit adalah hutan lindung. Sampai saat ini masih ada perdebatan tentang rencana pembangunan jalan untuk membuka keterasingan dari desa desa tepi pantai. Penduduk sebagian besar menjadi nelayan sekaligus memiliki kebun kelapa. Saat musim emas di bombana, hampir seluruh laki laki dewasa dan ibu ibu pergi mencari peruntungan menjadi pendulang, menyisakan orang tua, perempuan dan anak-anak.

Kehidupan di desa baho sangat sederhana, walaupun tidak miskin. Hal itu tampak dari hampir seluruh rumah yang dilengkapi listrik yang disuplai dari generator. Satu gensetbyabg digunakan oleh beberapa rumah dan hanya dihidupkan menjelang gelap sampai saat tidur. Tak ketinggalan ada meja billiar yang jarang menganggur di siang hari. Jika ingin menginap di desa ini, anda bisa menumpang tidur di rumah kepala duaun. Ia akan menerima dengan tangan terbuka, bahkan menyediakan makanan. saya sudah beberapa kali menginap di sini.

Untik MCK, ada sumur dan toilet yang digunakan bersama sama. ada juga beberapa mata air yang dipasangi slang sampai ke rumah rumah penduduk, biasanya digunakan untuk mengisi air di dapur. Saya lebih suka mandi di air mancur yang berada di tepi kampung di pinggir pantai. Airnya dingin menyegarkan. Pada malam hari, udara cukup dingin walaupun di tepi pantai dan yang penting tidak ada nyamuk.

Snorkling di pantai baho

Pantai baho bersih dan indah, terjaga dari tangan tangan jail perusak terumbu karang. Hal itu tak lepas dari peran Yayasan Bahari yang memeberikan penyuluhan mengenai arti penting memelihara dan menjaga kekayaan hayati. Nelayan yang membawa bom ikan tidak akan berani mendekati perairan sekitar desa baho. Pulau hari diseberangnya juganikut aman. Keindahan pantai dan kejernihan air laut tentu mengundang para pengunjung untuk bermain main air dan melakukan snorkling. Namun yang perlu diperhatikan adalah cukup banyaknya bulu babi atau landak laut di pantai.

Menyelam di pantai baho

Di sepanjang pesisir pantai desa baho terdapat banyak sekali reef yang cukup baik untuk diselami. memang tak seindah pulau hari, tetapi airnya lebih terang dan jernih. Namun, perlu diperhatikan arus dalam yang cukup kuat. Saya pernah menyelam dan menelusuri dari ujung tanjung sampai ke ujung lainnya sepanjang kurang lebih 2 kilometer. Terumbi karangnya hidup mengelompok dengan penyebaran tidak merata. Keindahan bawah laut di desa paho karena persis sama dengan alam laut pulau hari. sedikit keunggulan desa baho di banding pulau hari adalah ikan ikannya lebih besar dan kalau beruntung, Anda bisa melihat schooling. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *