Peristiwa

Apel Penutupan Siaga SAR Khusus Lebaran 2023

×

Apel Penutupan Siaga SAR Khusus Lebaran 2023

Sebarkan artikel ini

 

Kendari, suarakendari.com-Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Kendari menggelar Apel Penutupan Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023 / 1444 Hijriah, yang bertempat di Pelataran KPP Kendari dan diikuti oleh seluruh personil Basarnas Kendari, Kamis (4/5/2023).

Dimana Kegiatan siaga SAR khusus Lebaran itu, telah berlangsung sejak tanggal 13 April (H-9) sampai 3 Mei 2023 (H+11).

Tujuan dari pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran Tahun 2023 / 1444 Hijriah adalah terwujudnya pelayanan SAR yang profesional, sinergi dan militan untuk mendukung kebijakan pemerintah

Dalam sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang dibacakan Pelaksana Tugas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari Rudi menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi – tingginya kepada seluruh Petugas Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023 yang telah melaksanakan tugas memberikan pelayanan SAR dengan baik kepada masyarakat selama perayaan Hari Raya Idul Fitri.

“Sudah merupakan hal yang biasa bagi kita untuk tidak berlibur dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman dikarenakan melaksanakan tugas negara. Insyaa Allah apa yang telah kita lakukan tersebut bernilai ibadah dihadapan Allah SWT,” kata Rudi.

Selain itu, lanjut Rudi, Kepala Basarnas juga mengapresiasi seluruh Potensi SAR yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan Siaga SAR Khusus secara sinergi sehingga dapat memantau, menjaga dan merespon setiap kejadian kecelakaan dan bencana secara bersama – sama sehingga penanganan kedaruratan dapat dilaksanakan dengan baik. Meskipun Siaga SAR Khusus sudah ditutup, bukan berarti kesiapsiagaan operasi selesai, akan tetapi justru harus tetap ditingkatkan, baik kesiapsiagaan personel, alut, maupun sarana dan prasarana. Hal ini untuk mengantisipasi setiap keadaan kedaruratan yang mungkin masih akan terjadi di wilayah tanggung jawab masing – masing.

“Kesiapsiagaan itu termasuk pemeliharaan kemampuan dengan memperbanyak latihan – latihan individu, beregu, maupun antar satuan dengan terus mengevaluasi dalam mematuhi standar operating procedure operasi SAR,” bebernya.

Untuk KPP Kendari sendiri menyiapkan personil sebanyak 122 org dalam pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran tahun ini. Sementara lokasi Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023 yakni Pelabuhan Nusantara, pelabuhan wanci, pelabuhan wawonii, pelabuhan torobulu, pelabuhan murhum, pelabuhan raha, pelabuhan penyebrangan kolaka – bajoe, Bandara Haluoleo, Bandara betoambari, bandara matahora. Tempat wisata kendari, kolaka, baubau, wakatobi, luwu timur, konawe utara dan muna serta Terminal Angkutan darat

“Selama pelaksanaan Operasi SAR SAR khusus Lebaran tahun 2023, terjadi sebanyak 5 kejadian,” pungkas Plt KPP Kendari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!