Peristiwa

Acara Book And Art Festival 2023: Menurunkan Cerita-Cerita Sejarah Kepada Generasi Muda

×

Acara Book And Art Festival 2023: Menurunkan Cerita-Cerita Sejarah Kepada Generasi Muda

Sebarkan artikel ini

 

Medio November 2023 lalu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari menggelar Book And Art Festival 2023 di Mall The Park Kendari. Acara yang digelar itu turut dimeriahkan dengan kehadiran langsung dari Pj. Wali Kota Kendari, H. Asmawa Tosepu., AP., M.Si. Dalam momentum ini, Bapak Pj. Walikota Kendari juga menyaksikan secara langsung gelaran lomba baca puisi yang menjadi salah satu ajang festival yang diperlombakan.

Acara ini menjadi momen penting bagi pemerintah kota dalam membudayakan dan menurunkan cerita-cerita sejarah kepada anak-anak di Kendari. Seperti yang diungkapkan oleh Bapak Pj. Walikota Kendari, “Saya lihat sangat luar biasa anak-anak kita ini dalam pengamalan mereka terkait cerita-cerita rakyat, dan ini merupakan suatu momen bagi pemerintah kota untuk membudayakan dan menurunkan cerita-cerita sejarah kepada anak-anak kita, karena dengan memahami cerita akan banyak nilai-nilai serta pengetahuan yang dapat kita ambil. terutama pelajaran-pelajaran berharga yang sudah diterapkan oleh orang-orang tua terdahulu kita para pejuang dalam segala bidang.”

Dalam ajang Book And Art Festival 2023, terdapat beberapa jenis lomba yang diselenggarakan. Ada lomba bertutur kemerdekaan tingkat SD/MI sederajat, lomba baca puisi kerakyatan tingkat SMP/MTS sederajat, dan lomba menulis kebangsaan tingkat SMA/MA sederajat. Lomba-lomba tersebut memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan dalam membaca, menulis, serta mengekspresikan sebuah karya. Selain itu, lomba-lomba tersebut juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengenal dan memahami nilai-nilai sejarah serta budaya yang ada di Kota Kendari.

Dalam era digital seperti sekarang ini, tidak dapat dipungkiri bahwa canggihnya teknologi menjadikan generasi muda rentan terhadap informasi dan pengaruh dari luar. Namun, upaya dari pemerintah untuk menurunkan cerita-cerita sejarah dan budaya di tengah-tengah generasi muda, dapat menjadi benteng dalam menjaga identitas dan budaya lokal suatu daerah khususnya Kota Kendari.

Dalam kesempatan ini, mari kita support upaya dari pemerintah Kota Kendari serta seluruh pihak yang terlibat dalam Book And Art Festival 2023. Sebagai warga masyarakat, mari kita bangkitkan kembali budaya membaca dan mengekspresikan diri dengan tulisan dan puisi. Dan yang lebih penting lagi, mari kita turunkan cerita-cerita sejarah dan budaya kepada generasi muda kita. Karena dengan cara ini, kita dapat bernostalgia ke masa lalu serta dapat belajar dari kebijaksanaan yang diwariskan oleh orang-orang tua terdahulu kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *