Bangun Negeri

Warga Baubau Antusias Sambut Digitalisasi, Pembayaran Tagihan Air Minum Melonjak 1.000 Kali Lipat

×

Warga Baubau Antusias Sambut Digitalisasi, Pembayaran Tagihan Air Minum Melonjak 1.000 Kali Lipat

Sebarkan artikel ini

Baubau, suarakendari.com-Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kota Baubau terbukti mendapat dukungan dan respon positif dari Warga Kota Baubau. Contoh konkrit seperti digitalisasi pembayaran tagihan air minum PDAM Kota Baubau melalui aplikasi dilengkapi dengan model pembayaran QRIS, dalam 2 (dua) hari saja yaitu pada tanggal 15-16 Januari 2024, berhasil menjaring 893 transaksi pembayaran dengan nilai total transaksi lebih kurang 185,6 juta rupiah.

Secara rinci, per tanggal 15 Januari 2024 saat aplikasi PDAM Semerbak diaktifkan tercatat 277 transaksi pembayaran dengan nilai 17,6 juta rupiah. Dan di hari kedua, tanggal 16 Januari 2024 transaksi melonjak 3 (tiga) kali lipat sebanyak 616 transaksi pembayaran dengan total pembayaran hingga pukul 19.30 WITA tanggal 16 Januari 2024, jumlah transaksi yang catatkan mencapai lebih dari 168 juta rupiah.

Pendekatan PDAM Baubau dengan pembayaran digital ini direspon luar biasa oleh warga Kota Baubau dengan melakukan pembayaran kewajiban terhadap tagihan rekening air bersih PDAM.

Kepala Cabang Bank Sultra Baubau, Ainul Hasyim menyampaikan dukungan penuh atas inisiatif pemerintah Kota Baubau dalam memberikan layanan kepada warga kota.
“Ini merupakan salah satu inovasi daerah yang dilakukan Pj Wali Kota Bapak Dr Muh Rasman Manafi, sehingga dapat mempermudah masyarakat Kota Baubau untuk melakukan Pembayaran dimanapun dan kapanpun. Bank Sultra mengucapkan terima kasih atas dukungan Bapak Pj. Wali Kota sebagai salah satu pemegang saham terhadap Bank Sultra. Kami terus mendukung Pemerintah Kota BauBau dalam akselerasi Keuangan Daerah,” jelasnya.

“Di hari kedua ini kita bisa merasakan antusias warga kota baubau merespon hadirnya aplikasi pembayaran PDAM secara online. Dukungan Bank Sultra Kota Baubau memberikan penguatan dalam proses layanan keuangan, sehingga monitoring dana yang masuk dapat terpantau secara realtime,” ungkap Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi.
Dr Muh Rasman Manafi menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah menunjukkan dukungan dalam menjalankan kewajiban pembayaran air bersih PDAM. Ke depan dan dalam triwulan pertama 2024, beberapa layananan pembayaran seperti pajak bumi dan bangunan, pembayaran retribusi lainnya akan menggunakan pendekatan serupa, kita berharap kemandirian secara fiskal kota Baubau dapat kita wujudkan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *