Bangun Negeri

Sejumlah Kepala Daerah Asal Provinsi Sultra Hadiri Rakornas Kick Off Pelaksanaan P3PD

×

Sejumlah Kepala Daerah Asal Provinsi Sultra Hadiri Rakornas Kick Off Pelaksanaan P3PD

Sebarkan artikel ini

Jakarta, suarakendari.com-Dalam rangka Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) yang bersumber dari Loan World Bank, Central Project Management Unit (CPMU) P3PD menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Kick Off Pelaksanaan P3PD yang dilaksanakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa(11/7/2023).

Sejumlah kepala daerah di Sultra, diantaranya, Pj. Bupati Bombana, Ir. H. Burhanuddin, M.Si , Wakil Bupati Konawe Selatan Rasyid S.Sos M.Si turut menghadiri Rakornas yang juga diikuti oleh Gubernur, Bupati/Walikota seluruh Indonesia.

Seperti diterangkan, Peningkatan kapasitas Pemerintahan dan kualitas belanja desa diyakini sebagai faktor kunci keberhasilan pembangunan desa. Untuk itu pemerintah memiliki Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD).

P3PD berfokus pada penyediaan dan pengembangan dukungan terhadap penguatan tata kelola pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang akuntabel, partisipatif dan sesuai dengan kebutuhan lokal.

P3PD sendiri memiliki 3 (tiga) sasaran kegiatan, yakni : Tersedianya sistem penyediaan intervensi program dalam pengembangan kapasitas berbasis teknologi; Tersedianya dukungan pembelajaran baru berbasis teknologi digital di lokasi; Terbangunnya kepemimpinan dan koordinasi nasional yang berorientasi pada hasil.

P3PD diharapkan akan membawa perubahan sistem pembinaan dan pengawasan kepada desa dan pemerintah daerah melalui inovasi pengembangan sistem peningkatan kapasitas yang efisien yang berbasis big data dengan menggunakan teknologi digital.

Pemerintah menekankan pentingnya koordinasi, pendampingan, inovasi dan pengawasan dan pembinaan olehbsemua pihak terkait dalam program P3PD. Pendampingan pembangunan Desa, bukan hanya pada kuantitas pendamping tetapi dari kualitasnya.
(SrM/Sk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *