Bangun Negeri

Rame-rame Temui Menteri Sandiaga Uno

×

Rame-rame Temui Menteri Sandiaga Uno

Sebarkan artikel ini
Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan para kepala daerah kabupaten / kota di Indonesia, Senin (7/6/2021). Dokumentasi foto Isria/ FB

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka ruang komunikasi kepada para kepala daerah di Indonesia dalam rangka mendengarkan perkembangan dan usulan pengembangan kawasan wisata di daerah. Ruang komunikasi yang dibuka pusat tersebut  tidak disia-siakan para pejabat daerah di Sulawesi Tenggara dan langsung tancap gas ke Jakarta untuk bertemu Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.  Para pejabat daerah yang berangkat diantaranya Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga dan  pejabat dari Pemerintah Kota Kendari, serta sejumlah pejabat kabupaten lain di Sulawesi Tenggara.

Dari pertemuan yang berlangsung Senin 7 Juni 2021 di aula Kemenpakeraf ini, para kepala daerah asal Sultra ini tentu saja  untuk meminta dukungan pengembangan kawasan wisata masing-masing daerah.

Bupati Konawe Selatan Surunuddin menmberikan plakat daerah kepada Menteri Parekraf Sandiaga Uno. Dokumentasi foto: Prokompim Konsel/ FB

Bupati Surunuddin misalnya meminta dukungan menteri Sandiaga Uno untuk pengembangan wisata dan ekonomi kreatif di Konawe Selatan. Surunuddin sebagaimana disampaikan Protokol dan Komunikasi Pimpinan Konawe Selatan, juga memaparkan penetapan 37 Desa di Konsel yang menjadi Desa Wisata dengan keunikan dan khazanah budaya masing-masing.

” 37 Desa Wisata ini kami tetapkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat juga dengan sendirinya masyarakat bisa menjaga potensi alam yang ada di Desanya masing-masing,” ungkap Surunuddin dihadapan Sandiaga Uno.

Selain itu Bupati juga mengatakan bahwa potensi wisata di Konsel cukup besar dimana sejumlah lokasi wisata masuk dalam wilayah taman nasional sehingga menurut hematnya, itu membutuhkan koordinasi yang baik dengan Kementerian terkait baik itu Kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif ataupun dengan Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan.

Dikesempatan itu juga Surunuddin mengungkapkan sejumlah hambatan di wilayahnya yang tentunya membutuhkan atensi Menteri Sandiaga Uno dan jajarannya.  Hal itu diantaranya pemberian dukungan program peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang Parekraf, juga minimnya infrastruktur pendukung destinasi wisata dan masih kecilnya dukungan investasi di sektor kepariwisataan.

Bupati juga berharap dengan audiensinya dengan Menteri Sandiaga akan membawa angin segar bagi sektor kepariwisataan di Konsel. Audiensi tersebut kemudian diakhiri dengan tukar cinderamata antara Menteri Sandiaga dan Bupati Surunuddin. SK

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!