Pariwisata

Pudarnya Obyek Wisata Pulau Bungkutoko

×

Pudarnya Obyek Wisata Pulau Bungkutoko

Sebarkan artikel ini

Bungkutoko adalah sebuah pulau kecil yang terletak tepat di depan Kota Kendari dengan luas ± 100 ha.  Ini adalah jarak berwisata yang lumayan dekat bagi warga kota, karena cukup menggunakan sampan saja menjangkaunya.

Dulu, warga di seberang pulau bungkuto, yakni, di sekitar daerah kelurahan mangga dua banyak yang menyediakan sampan untuk jasa penyeberangan wisata, nelayan banyak yang menggantungkan hidup dari jasa ini. namun seiring waktu jasa perahu wisata di daerah ini ikut menghilang.

Hingga era 90-an di pulau kecil nan cantik ini wisatawan dapat menyaksikan kehidupan masyarakat yang masih tetap terjaga keasliannya, keramah-tamahan masyarakat dengan tatanan kehidupan timur yang khas merupakan sajian khusus selain keindahan alam yang dimiliki pulau Bungkutoko sehingga untuk menikmati tempat ini tidak cukup satu atau dua hari saja.

Seiring pembangunan yang digalakkan pemerintah kota kendari warga yang tinggal pulau bungkutoko pun direlokasi ke lokasi baru membuat pulau ini menjadi tak berpenghuni. Saat berkunjung ke lokasi ini tampak pantai dan pulau sudah dipenuhi sampah plastik hasil buangan dari rumah tangga dan kapal yang terdampar di pantai ini.

Keunikan lain pulau ini adalah sangat dekat dengandaratan atau dipisahkan oleh selat tersempit di dunia ± 100 m dari daratan serta pulau Bungkutoko mempunyai 3 sumber air tawar dilepas pantai dan dapat dimanfaatkan jika air surut. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *