Kilas Dunia

Protes Kematian Perempuan Muda Iran Berujung Bentrok Maut

×

Protes Kematian Perempuan Muda Iran Berujung Bentrok Maut

Sebarkan artikel ini

Iran, suarakendari.com-Polisi anti huru hara dan pasukan keamanan Iran bentrok dengan demonstran di puluhan kota pada hari Selasa, media pemerintah dan media sosial mengatakan, di tengah berlanjutnya protes terhadap kematian wanita muda Iran Mahsa Amini dalam tahanan polisi. Pihak berwenang di Iran menyebut 41 orang tewas dalam bentrokan, meski dari para pembela HAM menyebut angka lebih dari itu.

Peristiwa berdarah ini membuat PBB meminta pemerintah Iran agar lebih menghormati hak berpendapat dan berekpresi.

Amini, 22, dari kota Kurdi Iran Saqez, ditangkap bulan ini di Teheran karena “pakaian yang tidak sesuai” oleh polisi moral yang menegakkan aturan berpakaian ketat Republik Islam itu.
Kematiannya telah memicu demonstrasi besar pertama oposisi di jalan-jalan Iran sejak pihak berwenang menghancurkan protes terhadap kenaikan harga bensin pada 2019.

Meskipun jumlah korban tewas meningkat dan tindakan keras oleh pihak berwenang, video yang diposting di Twitter menunjukkan demonstran menyerukan jatuhnya pendirian ulama saat bentrok dengan pasukan keamanan di Teheran, Tabriz, Karaj, Qom, Yazd dan banyak kota Iran lainnya. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *