Bangun Negeri

Program KEDAI Wujudkan Ketahanan Pangan

×

Program KEDAI Wujudkan Ketahanan Pangan

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, suarakendari.com-Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si yang diwakili Plh Sekda Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si, saat Penyerahan Benih Sayuran, Peralatan dan Pengolahan Demplot, serta Pupuk Kegiatan Panfaatan Pekarangan sebagai Kebun Dapur Ibu (Kedai) Tahun 2024 di aula kantor Wali Kota Baubau Palagimata Sabtu (25/5/2024) mengatakan, Ketahanan Pangan adalah isu menarik yang terus dibahas dalam pertemuan global, sebab merupakan kebutuhan primer dunia. Berbagai upaya telah dilakukan, untuk terus menemukan solusi dari berbagai permasalahan pangan yang melanda dunia. Dan pangan tak lepas dari sektor pertanian.

Menurut La Ode Darussalam, ketersediaan pangan merupakan syarat hadirnya ketahanan pangan. Dan itu bisa diwujudkan diantaranya dengan pemanfaatan lahan pekarangan. Berkaitan dengan hal ini, maka tahun 2021, Pemerintah Kota Baubau, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, mensosialisasikan Kebun Dapur Ibu (KEDAI). Program ini menitikberatkan Keikutsertaan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan guna memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

La Ode Darussalam berharap kelompok.KEDAI yang sudah terbentuk, 43 banyaknya, jika ada permasalahan di lapangan, jangan ragu untuk bertanya, para penyuluh pertanian siap untuk selalu memberikan bantuan dan informasi terkait dengan pengembangannya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kota Baubau,Ibu Reffiani Dwiatmo Rasman, ST.,MT, mengungkapkan, dengan adanya KEDAI, beberapa kebutuhan pangan harian dapat terpenuhi, tanpa perlu ke pasar. Sehingga pengeluaran keluarga bisa dialihkan pada hal-hal yang lebih prioritas, atau ditabung. ”Amannya dapat, sehatnya dapat, ekonominya dapat, Insya Allah dapat mencegah Stunting, dan menekan laju inflasi,”ujarnya.
Ibu Reffiani Dwiatmo Rasman menitip pesan pada Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan agar mengayomi kelompok Kedai. Dan kepada Camat serta Lurah, untuk mengawal dan memperhatikan kelompok Kedai di wilayahnya masing-masing.

Acara pemberian bibit kepada 43 kelompok Kedai diserahkan oleh Plh. Sekda Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si dan Ibu Ketua TP PKK Kota Baubau Ibu Reffiani Dwiatmo Rasman, ST, MT. Pada kegiatan ini juga Pemerintah Kota Baubau memberikan penghargaan kepada beberapa kelurahan yang memperoleh predikat bersih.

(PPID UTAMA BAUBAU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!