Bangun Negeri

Potensi Bibit Lobster Konsel Jadi Komoditi Perikanan Nasional Terbesar

×

Potensi Bibit Lobster Konsel Jadi Komoditi Perikanan Nasional Terbesar

Sebarkan artikel ini

 

Konsel, suarakendari.com-Potensi bibit lobster di Desa Ranooha Raya Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menjadi salah satu komoditi perikanan yang dilirik oleh Kementerian Perikanan dan Kementerian Perdagangan dan Industri RI

Betapa tidak Desa Ranooha Raya merupakan desa nelayan yang selama bertahun tahun menjadi penyuplai sekaligus mengembangkan bibit lobster sebagai penopang mata pencaharian utama masyarakat setempat.

Namun, Rahooha bukanlah satu satunya desa penghasil bibit lobster, tetapi tersebar di sejumlah lokasi. “Potensi perikanan di Konsel bukan saja terdapat di Kecamatan Moramo. Melainkan Kecamatan Kolono, Kolono Timur dan Tinanggea,”kata Sjarif Sajang, Sekda Konsel.

Sementara itu, Staf Ahli Kementrian Perdagangan dan Industri, Abdul Hasim Gani mengapresiasi dengan potensi lobster di Desa Ranooha Raya.

Dia mengatakan salah satu upaya pemerintah membuka potensi di wilayah masyarakat di setiap daerah. Sehingga, lanjutnya, bagaimana ekonomi bergerak dengan potensi yang ada di tengah masyarakat.

“Salah satunya dengan kunjungan di wilayah pesisir. Pemerintah saat ini membuka ekspor benih lobster untuk membuka pemasukan dari nelayan. Utamanya dalam menumbuhkan sentra sentra ekonomi,” ujarnya.

Melihat benih lobster di Desa Ranooha Raya ini, Hasim berharap nelayan terus mengembangkan potensi tersebut.

“Di tempat ini kami ingin benih lobster di budidayakan sehingga dapat langsung di ekspor,” tandasnya usai mengunjungi beberapa karamba benih lobster di Desa Ranooha Raya.

Naskah Protokol dan Komunikasi Pimpinan Konawe Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *