Bangun Negeri

PLD Koltim Raih Juara I Nasional Lomba Pendamping Desa Inspiratif 2023

×

PLD Koltim Raih Juara I Nasional Lomba Pendamping Desa Inspiratif 2023

Sebarkan artikel ini

Koltim, suarakendari.com-Nama Juhra SPd, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Aere Kabupaten Koltim, berhasil meraih juara I Nasional, lomba pendamping desa inspiratif Tahun 2023.

Penghargaan ini, langsing diserahkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigra Dr Abdul Halim Iskandar, dam acara Jambore Nasional dan Hari Bakti Pendamping Desa, di Kabupaten Timur Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (6/10/2023).

Usai menerima penghargaan ini, Juhra mengisahkan, jika dirinya terpilih dalam kapasitas sebagai Tenaga Pendamping Profesional (TPP), yang beberapa waktu lalu mendapat undangan langsung dari Kemendes untuk menerima penghargaan terkait dengan TPP Inspiratif ini.

“Awalnya kami diarahkan untuk mengikuti lomba, nah untuk Koltim sendiri waktu itu ikut seleksi, diantara semua kategori ada 13 peserta, dan saya adalah salah satu peserta yang lolos ditingkat provinsi. Lalu kami diutus dari Provinsi Sultra, yang terdiri dari tiga orang dari PLD dan tiga orang dari PD. Nah, salah satunya adalah saya yang ternyata masuk dalam lima besar nasional,” ucap Juhra.

Lalu sebutnya, per Tanggal 3 Oktober lalu, ia kembali mengikuti tes untuk masuk menjadi yang terbaik secara nasion. Lalu, ia mengikuti tes presentase, best practice, tes wawancara dan tes penulisan ide vidoner. Setelah melalui seleksi itu, dirinya masuk tiga besar TPP Inspirativ 2023.

“Adapun tema yang saya angkat untuk Koltim sendiri, yakni “merubah lahan tidur, menjadi lahan persawahan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Jadi saya mendampingi empat desa, yakni Desa Aere, Aladadio,Tinete dan Rubia, kemudian saya mengangkat keunggulan masing-masing yang ada di desa tersebut. Sehingga terpilih menjadi yang terbaik,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan prestasi yang diraihnya ini, dapat menjadi motivasi bagi kita semua, untuk lebih menuangkan ide inspiratif dalam membangun Desa. Dan kelak bisa bersama sama membangun Koltim yang kita cintai.

“Terimakasih Pak Bupati Kolaka Timur, Pak Camat Aere dan seluruh kepala desa, serta semua pihak atas support dan dukungannya, sehingga saya bisa meraih prestasi ini,” tutupnya. (Diskominfo Koltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *